Bagikan:

JAKARTA - Korea Selatan tidak kalah gencar dalam menghadirkan genre coming of age dengan berbagai cerita, salah satunya Soulmate. Film ini merupakan adaptasi dari film Mandarin berjudul sama yang tayang pada tahun 2016 lalu.

Soulmate diarahkan Min Young Geun, sosok sutradara yang menelurkan kisah romansa dalam karyanya, sebut saja Re-encounter dan Just Friends. Kali ini ia mengarahkan kisah persahabatan sekaligus romansa yang dibintangi tiga aktor muda.

Kim Da Mi, Jeon So Nee, dan Byun Woo Seok menjadi ketiga pemeran utama. Selain itu film ini dibintangi Heo Ji Na, Jang Hye Jin, Park Chung Seon, Nam Yoon Su, Kang Mal Geum, serta Hyun Bong Sik.

Film orisinalnya mendapat apresiasi positif ketika pertama kali tayang. Oleh karena itu, ekspektasi serupa juga diharapkan kepada Soulmate versi Korea. Apakah seperti itu?

Soulmate menceritakan Ahn Mi So (Kim Da Mi) yang pindah ke Jeju dari Seoul untuk memulai hidup baru. Kepindahannya di umur 13 tahun membuatnya bertemu dengan Go Ha Eun (Jeon So Nee). Keduanya menjadi teman sebangku dan persahabatan mereka dimulai.

Ahn Mi So adalah seseorang yang bebas, supel, dan cuek sementara Go Ha Eun memiliki sifat yang pendiam dan penurut. Perbedaan sifat itu tidak menghalangi keduanya untuk terus bersahabat hingga mereka remaja.

Go Ha Eun suatu ketika mengaku sedang menyukai seseorang yang ia baru lihat satu kali. Ahn Mi So sebagai teman yang baik ingin membawa kebahagiaan untuk temannya. Oleh karena itu ia rela mencari tahu informasi untuk Ha Eun. Sosok itu adalah Jin Woo (Byun Woo Seok).

Kehadiran Jin Woo membuat persahabatan Mi So dan Ha Eun semakin berwarna. Hingga satu kejadian membuat ketiganya terpisah. Beberapa tahun berlalu, Mi So dan Ha Eun kembali dipertemukan. Mereka mempertanyakan apakah mereka benar-benar bersahabat.

Chemistry antara Kim Da Mi dan Jeon So Ne memancar dengan manis sepanjang film. Perubahan tiap karakter yang awalnya sejalan ini mulai beragam dengan penuh konflik. Keduanya sama-sama menyukai gambar namun punya perjalanan yang berbeda dengan gambar.

Kisah slice of life yang berpadu dengan perkembangan dewasa turut mengubah mereka. Tanpa karakter yang kuat, mungkin ceritanya tidak mengalir dengan baik. Akan tetapi berkaca dari orisinalnya, versi Korea-nya juga tidak kalah kuat menghadirkan karakter tersebut.

Ahn Mi So yang memiliki jiwa si bebas malah merasakan sempitnya dunia. Bekerja di dunia klub, tidak punya sesuatu yang perlu dijaga, hingga berharap bisa mengakhiri hidup seperti idolanya, Janis Joplin. Di sisi lain Go Ha Eun menjaga perjalanannya agar tetap sesuai rencana, bersama Jin Woo dan membentuk keluarga yang harmonis.

Visualnya juga mendukung film Soulmate yang menampilkan alur maju mundur. Warna pastel yang manis dan tidak berlebihan membuat filmnya sangat dinikmati untuk ditonton.

Film Soulmate menambah jajaran film coming of age yang berhasil menciptakan momen nostalgia yang lekat di ingatan. Menonton film ini bersama teman bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Film Soulmate tayang di bioskop Indonesia mulai Rabu, 22 Maret 2023.