Kesan Wapres Ma’ruf Amin Usai Nonton Film Buya Hamka dengan Para Pemeran
Ma'ruf Amin usai nonton film Buya Hamka (Ivan Teo Putra/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden (wapres) Ma’ruf Amin hadir dalam screening film Buya Hamka di salah satu bioskop di Epicentrum, Jakarta Selatan hari ini, Selasa, 21 Maret 2023 sore.

Bersama Ibu Wakil Presiden, Wury Estu Handayani, Ma’ruf menjadi salah satu orang pertama yang menyaksikan film garapan sutradara Fajar Bustomi dan diproduksi oleh Falcon Pictures bersama Starvision. Beberapa pemeran film Buya Hamka, diantaranya Vino G Bastian, Anjasmara, Donny Kesuma dan Donny Damara juga turut menonton bersama wapres.

Usai penayangan, Ma’ruf kepada awak media mengungkap rasa syukurnya bisa menyaksikan episode pertama Buya Hamka dari tiga episode yang direncanakan untuk ditayangkan.

“Saya bersyukur bisa menyaksikan hasilnya, dan ini baru satu epiaode, rencananya ada tiga episode,” kata Ma’ruf Amin.

Wapres Indonesia ke-13 itu juga turut memuji jalan cerita yang ditampilkan, dan pemilihan setiap aktor untuk tokoh yang dimainkan.

“Jalan ceritanya dan pemain-pemainnya sangat bagus dan bisa menggambarkan, memberikan inspirasi kepada kita semua tentang pembuatan film ini,” katanya.

Wapres Indonesia tertua saat dilantik itu juga membagikan pandangannya terhadap sosok Buya Hamka. Ia menilai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) pertama itu adalah sosok teladan yang baik, tidak hanya sebagai ulama, namun juga pejuang bangsa dan sastrawan yang sudah banyak menulis buku.

Ma’ruf juga bercerita mengenai keterkaitannya dengan pembuatan film Buya Hamka. Ketika dirinya masih menjadi Ketua Umum MUI periode 2015-2020, ia sempat berdiskusi dengan tim keproduksian terkait rencana pembuatan film tersebut.

“Kebetulam pembicaraan-pembicaraan tentang pembuatan film ini, ketika itu saya menjadi Ketua Umum MUI, sering berdiskusi tentang rencana pembuatan film ini tahun 2015. Saya memang masih menjadi Ketum MUI dan alhamdulillah sudah selesai,” ujar Ma’ruf Amin.

Dengan apa yang sudah ditontonnya, Ma’ruf menganjurkan masyarakat Indonesia untuk menonton film Buya Hamka. Terutama untuk anak muda, ia menilai film tersebut bisa menjadi teladan dan juga inspirasi.

“Anjuran saya supaya masyarakat menonton film ini, karena banyak hal yang bisa dijadikan teladan dan memberikan inspirasi buat kita semua. Kalangan muda terutama, menontonlah, bagaimana seorang Hamka sejak muda berjuang,” pungkasnya.