Ikranagara Derita Stroke Sebelum Akhirnya Hembuskan Nafas Terakhir
Ikranagara. (Dok. Sang Kiai)

Bagikan:

JAKARTA - Meninggalnya aktor senior Ikranagara menjadi duka mendalam bagi dunia keaktoran. Sang aktor meninggal di usia 79 tahun setelah bertahun-tahun melawan penyakit yang dideritanya.

Rekan mendiang Ikranegara, Evry Joe selaku Ketua Humas (Persatuan Artis Film Indonesia) PARFI menyampaikan duka mendalamnya atas kepergian pemeran Hasyim Asyari dalam film Sang Kiai (2013) itu.

Evry mengaku mendapatkan kabar duka tersebut dari seniornya saat menempuh pendidikan di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) pada Senin, 6 Maret, malam.

“Berita duka itu saya dapat dari senior IKJ Bapak Kumala Atmojo dan juga dari temannya sesama aktor teater Niniek L Karim. Berita duka itu sebenarnya dari anaknya Bang Ikranegara, Innosanto,” ungkap Evry Joe saat dihubungi pada Selasa, 7 Maret.

Evry Joe mengatakan bahwa mendiang Ikranagara pernah menetap di Amerika Serikat. Namun, dikarenakan sakit yang dideritanya, Ikranagara memutuskan untuk kembali ke tanah kelahirannya di Bali, dan menetap di sana hingga akhir hayatnya.

Ketua Humas PARFI itu mengatakan bahwa Ikranagara sudah mengidap penyakit dalam beberapa tahun terakhir. “Sakit beliau 4 tahun ini sakit stroke dan beliau pindah ke Bali karena asalnya di Bali,” ujar Evry Joe.

Evry Joe pun mewakili PARFI turut menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian mendiang Ikranegara untuk selamanya. Baginya, mendiang Ikranegara merupakan aktor hebat di dunia perfilman tanah air.

“Kami dari Pengurus Besar PARFI mengucapkan duka yang sedalam-dalamnya. Semoga amal ibadahnya diterima dan karya-karyanya menjadi ladang amal,” pungkas Evry Joe.