Berita Duka, Aktor Senior Ikranagara Meninggal Dunia
Ikranagara saat memerankan Hasyim Asyari dalam film Sang Kiai (Instagram @imeldaachsanpublicity)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar duka kembali menyelimuti dunia perfilman tanah air. Salah satu aktor senior, Ikranagara meninggal dunia pada Senin, 6 Maret 2023.

Berpulangnya sang aktor dikonfirmasi oleh penulis Innosanto Nagara melalui laman Facebook miliknya.

Berita duka. Innalillahi Wa Inna Ilaihi Roji'un. Telah berpulang ke Rahmatullah, Suami, Ayah, Datuk tercinta kami: H. Ikranagara pada usia 79 tahun Di Bali,”tulis Innosanto Nagara pada Senin, 6 Maret 2023.

Mohon keikhlasannya untuk mendoakan almarhum agar diampuni segala dosanya dan diterima segala amal ibadahnya,” sambungnya.

Ikranagara terlahir di Jembrana, Bali pada 19 September 1943. Ia memulai debut aktingnya melalui film berjudul “Bernafas dalm Lumpur” (1970).

Sempat vakum pada tahun 1990-an hingga awal 2000-an, Ikranagara kembali ke dunia perfilman lewat film “Laskar Pelangi” (2008).

Sudah tidak lagi muda, sang aktor mendapat banyak pujian berkat penampilannya sebagai Hasyim Asyari dalam film “Sang Kiai” (2013).

Lewat penampilannya itu, Ikranagara mendapatkan sesuatu yang belum pernah ia rasakan sepanjang kariernya, menjadi nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik dalam Festival Film Indonesia. Namun, ia harus mengalah dari Reza Rahadian yang berhasil membawa pulang Piala Citra.

Tidak hanya di layar lebat, Ikranagara juga aktif bermain dalam panggung teater. Belasan judul sudah ia mainkan dalam periode 1972 hingga 1993. Selain itu, ia juga aktif sebagai penulis naskah dan puisi.

Terkait