Kabar Duka, Aktor Senior Henky Solaiman Meninggal Dunia
Henky Solaiman (Twitter @jokoanwar)

Bagikan:

JAKARTA - Dunia hiburan Tanah Air, khususnya film, kembali kehilangan salah satu putra terbaiknya. Aktor senior Henky Solaiman tutup usia pada umur 78 tahun, Jumat, 15 Mei.

Sebelumnya, Henky dikabarkan butuh bantuan donor darah setelah menjalani operasi pengangkatan tumor usus. Saat itu operasinya bisa dibilang berhasil.

Hanya saja, sambungan ususnya berisiko karena HB-nya turun. Karena sebelum operasi, HB-nya memang tidak tinggi. 

"Salah satu kekhawatirannya adalah akan terjadi kekurangan darah dan pas malam itu sudah stabil," kata Verdi Solaiman, putra Henky yang juga aktif sebagai aktor, kala itu.

Henky Solaiman lahir di Bandung pada 30 Agustus 1941. Selain sebagai aktor, ia juga  menyutradarai barisan film yang sebagian besar tayang pada 1980-an. 

Henky aktif di industri film sejak era 1970-an. Belakangan ia terlibat dalam sinetron Dunia Terbalik.

Kabar kepergian Henky menyisakan kesedihan dari kalangan insan perfilman. Salah satunya sutradra Joko Anwar yang mengucapkan belasungkawa dan doa di media sosial.

"Selamat jalan Om Henky Solaiman. Makasih untuk semua film dan inspirasinya. Semoga Indonesia bisa punya banyak aktor hebat seperti Om. Istirahat yang tenang ya, Om," kicau Joko Anwar di Twitter.

Lalu ada aktor Ade Firman Hakim. Ia mengucap selamat jalan kepada sang aktor di Instagram

"RIP Om Henky Solaiman. Turut berduka bang @verdisolaiman. Semoga beliau ditempatkan di sisi terindah," tulisnya.