Rekomendasi Ikan yang Mengandung Protein Tinggi, Bagus untuk Membentuk Massa Otot
Ilustrasi tuna sirip kuning, salah satu jenis ikan yang mengandung protein tinggi. (WikiImages /Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Jenis ikan yang mengandung protein tinggi sangat baik untuk dikonsumsi, terutama bagi Anda yang sedang menjalani program pembentukan massa otot. Pasalnya, protein yang terdiri dari asam amino merupakan bahan pembangun otot.

Jenis Ikan yang Mengandung Protein Tinggi

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 26 Februari 2023 berikut jenis ikan yang mengandung protein tinggi dan sangat baik dikonsumsi ketika menjalani program pembentukan massa otot:

  1. Tuna Sirip Kuning

Dalam empat ons ikan tuna sirip kuning (Yellowtail) terkandung 34 gram protein dan 212 kalori. Angka ini jauh lebih tinggi ketimbang protein yang terkandung dalam daging ayam.

Mengutip Mens Health, dalam 4 ons dada ayam terkandung 26 gram protein dan 110 kalori.

Ikan tuna salaha satu yang tak sulit ditemukan di pasar. (Foto Pixabay)
Ikan tuna salaha satu yang tak sulit ditemukan di pasar. (Foto Pixabay)

Selain tinggi protein, ikan yang sedikit berminyak ini juga mengandung banyak zat besi, yang terlibat dalam pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh.

Dengan demikian, Anda dapat menukar daging ayam dengan tuna sirip kuning ke dalam makanan Anda untuk mendapatkan protein tinggi dan nutrisi penting lainnya.

  1. Tuna

Setiap empat ons ikan tuna mengandung 33 gram protein dan 225 kalori. Selain itu, dalam ikan tuna juga kaya akan vitamin D, potasium, zat besi, dan yodium.

Itulah mengapa ikan yang mengandung protein tinggi ini menduduki puncak teratas yang tersedia secara komersial.

  1. Ikan Teri

Masih dari Mens Health, dalam empat ons ikan teri terkandung 53 gram protein. Oleh sebab itu, ikan ini sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalani program pembentukan massa otot.

Ikan teri juga sarat akan omega-3 dan memiliki aroma yang sangat kuat. Tingginya kandungan protein dalam ikan teri berbanding terbalik dengan harga jualnya.

Sebagian orang mungkin menilai baahwa makanan tinggi protein memiliki harga yang sangat mahal. Ini tidak berlaku bagi ikan teri, sebab jenis ikan ini dijual murah di pasaran.

  1. Trout
Ilustrasi ikan trout
Ilustrasi ikan trout (ReinhardThrainer/Pixabay)

Ikan trout termasuk ke dalam jenis ikan yang mengandung protein tinggi. Di dalam empat ons empat ons daging filet ikan trout yang sangat empuk dan lezat, terkandung 30 gram protein dan 215 kalori.

Tak hanya itu, ikan trout juga mengandung vitamin B3, B5, B6, B12, potassium, selenium, fosfor dan asam lemak omega-3.

Menurut FDA, cemaran merkuri ikan trout cenderung lebih rendah dibanding ikan tuna dan aman dikonsumsi beberapa kali dalam seminggu.

Anda dapat mengolahnya dengan cara digoreng, atau dipanggang untuk mendapatkan protein tanpa lemak tambahan.

  1. Kakap Merah

Ikan kakap merah merupakan jenis ikan yang sangat mudah di jumpai di Indonesia. Semua jenis ikan kakap merah memiliki profil nutrisi yang sama, yakni 30 gram protein dan 145 kalori untuk setiap empat ons.

Ikan kakap memiliki tekstur daging yang kencang, sehingga sangat cocok dimasak dengan cara dipanggang.

  1. Halibut

Halibut adalah ikan lain yang merupakan sumber protein lengkap. Setengah dari fillet (159 gram) halibut menyediakan 36 gram protein dan 176 kalori.

Mengutip Healthline, ikan halibut juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik, yang menjadikannya makanan antiinflamasi yang efektif.

Halibut juga tinggi selenium. Selain itu, ia mengandung vitamin B3, B6, dan B12 dalam jumlah yang baik serta mineral seperti magnesium, fosfor, dan kalium.

Kandungan protein dalam 100 gram ikan halibut, yakni 23 gram (81% kalori).

Demikian informasi tentang jenis ikan yang mengandung protein tinggi. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.