Tips Meningkatkan Pengalaman Seksual Agar Lebih Intim
Ilustrasi Keintiman (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Mood dan rasa percaya diri bisa membantu pasangan fokus pada aktivitas seksual yang dilakukan serta meningkatkan rasa keintiman. Untuk menjaga mood, musik ternyata punya peran penting.

"Terdapat pemahaman neurobiologis bahwa ada kesamaan sistem kerja otak ketika memproses musik dan seks. Oleh karena itu, ada beberapa penjelasan mengapa musik bisa meningkatkan pengalaman seksual seseorang," kata Psikolog Klinis Inez Kristanti dikutip dari ANTARA di Jakarta, Jumat, 24 Februari.

Inez menjelaskan terhubungnya ritme musik dan gerakan pada saat melakukan aktivitas seksual juga mungkin dapat menunjang performa dan kepuasan seksual.

Dalam Jurnal Kesehatan Psikososial tahun 2022, ditemukan adanya relevansi yang kuat antara musik dengan seks. Musik dan seks menempati posisi yang sama dalam otak manusia, yaitu sistem limbik dan korteks prefrontal yang memberikan efek positif dan 'hadiah' bagi manusia.

"Walau memang penelitian terkait ini masih perlu banyak dilakukan, rasanya merupakan ide yang menarik untuk mencoba memasangkan musik dan seks dalam keintiman berpasangan," ujar Inez.

Sebagai contoh, lagu Come Closer milik Soundwave menjadi salah satu pilihan. Duo pasangan suami istri Rinni Wulandari dan Jevin Julian ini merasa lebih intim berkat lagu.

"Kami percaya bahwa music is a universal language, artinya bisa menyatukan siapapun dan mengekspresikan apa yang sulit disampaikan. Lewat lagu Come Closer, kami berharap pasangan bisa mengekspresikan diri lebih baik dan meraih intimasi yang lebih erat sembari mendengarkan musik favoritnya," kata Rinni Wulandari.