Profil MOMOLAND: Sukses dengan Berbagai Hits, Bubar Usai 7 Tahun
MOMOLAND (MLD Entertainment)

Bagikan:

JAKARTA - MOMOLAND menjadi grup K-pop perempuan pertama yang bubar di awal tahun 2023. Kabar bubarnya mereka sebenarnya sudah diekspektasi oleh publik namun konfirmasi keenam member terakhir menjadi akhir dari segalanya.

Hyebin, Jane, Nayun, JooE, Ahin, dan Nancy menulis surat dalam bahasa Korea dan bahasa Inggris kepada penggemar. Mereka merilis surat sebagai konfirmasi setelah keenamnya memutuskan tidak melanjutkan kontrak dengan MLD Entertainment.

“Setelah berdiskusi, enam member memutuskan untuk mendukung satu sama lain memulai awal yang baru. Walau kami melangkah sendiri, MOMOLAND akan selalu menjadi tim kami,” begitu bunyi salah satu isi surat MOMOLAND.

Kesuksesan dan pasang surut MOMOLAND tidak mampu menyelamatkan grup untuk terus bertahan. Mereka menambah deretan grup K-pop perempuan yang bubar sebelum mencapai 10 tahun.

Berawal dari Kompetisi

Acara kompetisi Finding Momoland dibuat MLD Entertainment pada tahun 2016 untuk menemukan para member yang akan bergabung dengan MOMOLAND. Para pemenang acara itu adalah Hyebin, Yeonwoo, Jane, Nayun, JooE, Ahin, dan Nancy.

Saat itu mereka gagal menjalani misi terakhir yaitu mengumpulkan 3000 orang dan menyanyikan dua lagu dari album debut. Namun mereka hanya berhasil mendapat 2300 orang sehingga para member akan berlatih sekali lagi.

Daisy, Shin Si Ah, dan Hee Jae yang dieliminasi kembali ke status trainee. Mereka juga berhasil mengumpulkan pendanaan hingga 134 persen di Makestar. MOMOLAND resmi debut pada 10 November dengan Jjan! Koong! Kwang! Lewat acara M Countdown.

Pada Maret 2017, MLD Entertainment menambahkan dua member baru: Daisy yang menjadi trainee dan sempat tampil pada Finding Momoland serta Taeha. Kemudian mereka merilis satu satu single album dan satu album mini.

Bboom Bboom dan Deretan Hits Populer

Januari 2018, MOMOLAND merilis album mini ketiga bertajuk Great! dengan trek jagoan Bboom Bboom. Lagu ini menjadi turning point dari karier mereka di mana lagu ini menempati tangga musik Korea Selatan dan internasional.

Hingga tulisan ini dirilis, video musik Bboom Bboom sudah disaksikan lebih dari 593 juta. Lagu ini juga mengantarkan MOMOLAND mendapat Bonsang di Seoul Music Awards.

“Lagu ini seperti bola keberuntungan yang jatuh ke tangan kami. Sejujurnya, kami tidak menyangka lagunya akan sesukses ini. Ketika kami pertama kali mendengarnya, ada beberapa member yang menangis karena tidak mau menyanyikan lagu ini. Tapi ternyata kami menerima banyak cinta lewat lagu ini,” cerita Nayun, salah satu member MOMOLAND pada tahun 2018.

Seusai Bboom Bboom, MOMOLAND menuai kesuksesan serupa dengan lagu Baam yang dirilis pada Juni 2018. Mereka bahkan menjadi grup K-pop pertama yang menerima sertifikasi Platinum dari Gaon Music Chart.

Mereka mulai melakukan promosi di Jepang dengan merilis lagu-lagu hits mereka dalam bahasa Jepang.

Keluar Tanpa Alasan

Pada Maret 2019, MLD Entertainment mengumumkan Taeha dan Daisy tidak bergabung dengan promosi album terbaru MOMOLAND, Show Me. Agensi menyebutkan keduanya absen karena masalah kesehatan dan pribadi.

“Diputuskan bahwa member MOMOLAND Taeha dan Daisy rehat dari album ini karena alasan kesehatan dan pribadi jadi comeback terbaru akan dilakukan tujuh member. Dua member akan kembali di album selanjutnya,” kata agensi saat itu.

Saat itu Yeonwoo yang mulai berakting diumumkan keluar dari grup bersama Taeha. Agensi menyebut mereka sedang berdiskusi dengan Daisy untuk masa depannya bersama grup di saat MOMOLAND sedang mempersiapkan album single berjudul Thumbs Up.

Dua bulan kemudian, Daisy membuat klaim bahwa acara kompetisi Finding Momoland adalah dimanipulasi. Meski ia dieliminasi dalam acara tersebut, ia kemudian dihubungi untuk bergabung dengan grup. Mei 2020, Daisy dinyatakan keluar dari grup.

Ekspansi ke Amerika Serikat, Bubar di Tengah Jalan

MOMOLAND menandatangi kontrak dengan ICM Partners pada Juni 2020 untuk ekspansi ke pasar Amerika. Mereka juga merilis single album Ready or Not dengan trek utama berjudul sama yang ditulis oleh PSY.

Kemudian mereka juga berkolaborasi dengan CHROMANCE untuk menyanyikan ulang lagu Wrap Me in Plastic. Salah satu member, Ahin berduet dengan DJ Soda untuk lagu Okay! bersama Lost Chameleon.

Pada 14 Januari 2022, MOMOLAND merilis Yummy Yummy Love berkolaborasi dengan Natti Natasha. Pada tahun yang sama, mereka menjadi grup Korea pertama yang diundang ke Juventud Awards 2022 di Amerika Latin.

Satu tahun kemudian, MLD Entertainment mengumumkan seluruh member tidak melanjutkan kontrak dengan agensi. Namun agensi tidak menjelaskan apakah grup bubar hingga para member menyatakan MOMOLAND bubar pada 14 Februari 2023.