5 Tips Menumbuhkan Minat Baca pada Anak Sejak Kecil
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Memasuki zaman serba teknologi seperti sekarang ini, banyak anak menjadi kurang menyukai membaca. Lantaran lebih tertarik pada gadget yang sudah seperti gaya hidup barunya. Padahal, pepatah mengatakan buku merupakan jendela ilmu. Menanamkan sikap gemar membaca akan memengaruhi kecerdasan seseorang. Maka dari itu, membaca perlu dijadikan salah satu kegiatan wajib yang orangtua tanamkan sejak anak-anaknya masih kecil.

Bagaimana caranya? Berikut VOI rangkum lima tips menumbuhkan minat baca anak, dilansir dari Very Well Family, Rabu, 15 Februari.

Membaca bersama

Para ahli setuju bahwa membaca bersama anak adalah cara terbaik menumbuhkan kecintaan membaca. Tujuan membaca adalah kegiatan sosial, bukan soliter, sehingga aktivitas ini bisa membangun bonding orang tua-anak, serta menambah pengetahuan dan rasa ingin tahu. Ciptakan situasi yang menyenangkan dan interaktif agar anak mau bertanya, mendengarkan, dan tidak bosan.

Bicara tentang isi buku

Saat membacakan untuk bayi dan anak kecil, luangkan waktu untuk melihat gambar dan membicarakan apa yang si kecil lihat dalam buku. Pendekatan ini akan meningkatkan pemahaman dan keterlibatan yang lebih besar. Anda juga dapat menggunakan nada suara untuk menghidupkan cerita.

Saat membaca, beri jeda sejenak dan ajukan pertanyaan. Minta anak memprediksi apa yang akan terjadi, meringkas apa yang terjadi sejauh ini, atau tanyakan pemikiran mereka tentang mengapa karakter melakukan apa yang mereka lakukan.

Sering membaca

Rutinitas, konsistensi, dan pengulangan akan membantu aktivitas membaca menjadi kebiasaan. Jika memungkinkan, usahakan agar waktu membaca dilakukan setiap hari, baik anak yang membaca sendiri atau membaca bersama orang tua. Selain itu, usahakan untuk membaca 15 hingga 30 menit setiap hari sebelum tidur.

Bangun minat dan rasa ingin tahu 

Pilih buku yang mencerminkan minat anak, baik tentang kupu-kupu, olahraga, peri, katak, atau pahlawan super. Ini akan membantu menjaga minat anak dalam membaca. Anda juga dapat membiarkan anak memilih bukunya sendiri. Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, mintalah rekomendasi dari guru, teman, pustakawan, dan orang tua lainnya.

Jadi model untuk anak

Jika Anda ingin memiliki anak yang gemar membaca, maka jadilah model untuk anak Anda. Jika memungkinkan, luangkan waktu di siang hari untuk bersantai, duduk, dan membaca. Melihat Anda membaca memberi kesan bahwa membaca adalah aktivitas yang menyenangkan. Bacaan Anda tidak harus berupa buku. Bisa berupa surat kabar, resep, label makanan, dalam bentuk cetak atau online.