Bagikan:

JAKARTA - Membeli piring makan yang tepat untuk digunakan di rumah perlu dilakukan dengan hati-hati dan banyak pertimbangan. Seperti memikirkan penyimpanan, estetika, dan material piring. Dengan mempertimbangkan hal itu, akan memperoleh piring yang berkualitas dan membuat Anda lebih menikmati makanan. Dilansir dari laman Taste of Home, Senin, 6 Februari, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih piring makan. 

Memilih material yang tepat

Memilih bahan dasar piring tergantung dari kebutuhan, keinginan, serta biaya yang mau Anda keluarkan.

Stoneware

Bahan ini terbuat dari tanah liat yang dibakar pada suhu tinggi. Stoneware cocok bagi Anda yang mencari piring yang berat. Piring dengan bahan memiliki tampilan tembikar buatan tangan yang indah. Namun, bahan ini tidak begitu tahan lama.

Porselen

Piring porselen adalah jenis untuk sajian pesta makan malam, jamuan makan khusus, atau. Harganya tentu lebih mahal, tetapi tahan lama dan tersedia dalam berbagai pola dan gaya yang indah. Piring porselen sebaiknya dicuci menggunakan tangan daripada dicuci dengan mesin cuci piring.

Melamin

Punya harga paling murah, piring melamin terbuat dari plastik. Memiliki banyak warna, Anda bahkan dapat mencocokkan warna untuk mencerahkan meja makan. Meski tidak akan pecah, sebagian besar piring melamin tidak aman digunakan dalam microwave, tetapi Anda dapat memasukkannya ke dalam mesin pencuci piring.

Corelle  

Piring corelle terbuat dari kaca tempered sehingga membuatnya ringan serta aman dicuci menggunakan mesin pencuci piring atau dimasukkan dalam microwave. Glasir pada sebagian besar piring juga membuat piring dengan material corelle tahan terhadap goresan. 

Bentuk dan gaya

Pertimbangkan membeli satu set piring yang mencakup lebih dari satu bentuk dan gaya untuk mengakomodasi kebutuhan. 

Piring Segitiga

Piring segitiga biasanya berukuran lebih kecil. Piring ini cocok untuk satu porsi kecil makanan, seperti hidangan penutup atau kue. Piring ini juga bisa digunakan saat menyajikan pizza atau irisan pai.

Piring Bulat

Piring bulat tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, dan warna, sehingga Anda tidak akan kesulitan menemukan sesuatu yang sesuai dengan preferensi Anda. Padukan dengan peralatan perak yang apik, tradisional, atau vintage untuk melengkapi tampilan.

Piring Persegi

Bila mencari bentuk piring yang sedikit lebih modern, Anda bisa memilih piring persegi tanpa mengorbankan ukurannya.