Ikatan Kakak Adik Rio Dewanto, Sheila Dara, dan Rachel Amanda Main Kuat
Pemeran Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang (Visinema)

Bagikan:

JAKARTA - Film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang (JJJLP) akan tayang perdana di bioskop pada 2 Februari mendatang. Rio Dewanto, Sheila Dara dan Rachel Amanda kembali menjadi kakak adik dalam film garapan sutradara Angga Dwimas Sadongko tersebut.

JJJLP merupakan bagian dari film garapan Angga lainnya di tahun 2020 lalu, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). Ketiga pemeran tersebut berperan sebagai kakak-beradik, masing-masing sebagai Angkasa, Aurora dan Awan. Baik Rio, Sheila maupun Rachel mengaku mendapat pembelajaran tersendiri dari hubungan yang dijalin ketiga karakter tersebut.

Rio Dewanto berperan sebagai kakak tertua belajar lebih mengutamakan keinginan adiknya ketimbang keinginannya sendiri.

“Saya banyak dapat pelajaran. Ketika oang punya pendirian sendiri dengan apa yang mereka mau, bukan berarti kita harus tau juga apa yang dia mau. Terkadang mereka enggak mau share sama orang-orang dan yaudah kasih ruang aja untuk mereka,” kata Rio usai konfrensi pers di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan pada Kamis, 26 Januari.

“Kadang kan kita pengin tahu karena ego kita, alasannya apa sih? Apalgi kalau di keluarga gitu. Jadi saya lebih bisa melihat, kayaknya mulai sekarang gua harus lihat dulu deh dia maunya apa, daripada diri gua yang maunya apa,” sambungnya.

Di lain sisi, Sheila Dara yang berperan sebagai “si anak tengah”, Aurora merasakan sedikit kesamaan antara peran dan kehidupannya di dunia nyata. Memiliki kakak angkat dan seorang adik, istri dari Vidi Aldiano itu menjadi anak tengah di keluarganya.

Sheila menyoroti salah satu kalimat yang muncul dalam salah satu adegan di JJJLP, “Apa jangan-jangan kita sebenarnya enggak kenal sama saudara kita sendiri”. Kalimat tersebut diungkap oleh adik Aurora, Awan.

Kalimat tersebut membuat Sheila merefleksikan hubungannya dengan kakak dan adiknya. “Tapi ketika nonton filmnya itu jadi bikin aku sadar, kayak ‘Iya ya, jangan-jangan kita selama ini satu rumah tapi kita saling enggak tahu satu sama lain’. Sebenarnya apa sih yang mereka mau dalam hidup atau gimana sih cara mereka mengatasi masalah dalam hidup’,” tutur Sheila.

“Semoga film ini bisa jadi pemantik pembicaraan untuk kita bertiga di runah, untuk lebih banyak sharing dan ngobrol satu sama lain,” sambungnya.

Rachel Amanda yang berperan sebagai anak bungsu, Awan juga turut mengungkap pembelajaran apa yang ia dapat dari hubungan ketiga bersaudara dalam film JJJLP.

“Aku aja ngebayangin kalau adik aku tiba-tiba memutuskan untuk tinggal di luar negeri gitu, apakah aku akan selegowo dan sebesar hati seperi Awan aku juga enggak tahu,” ucap Rachel.

“Itu sesuatu yang akhirnya jadi bahan pertimbanganku, ‘Oh mungkin ya dalam keluarga akan ada orang yang punya pilihan berbeda dan harus terbuka’. Harus siap dengan itu,” pungkasnya.