Perbedaan Twin Bed dan Double Bed Agar Tak Salah Pilih saat Cek In Hotel
Ilustrasi kamar hotel (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Istilah twin bed dan double bed kerap muncul saat Anda melakukan reservasi kamar hotel atau penginapan. Keduanya merujuk pada jenis bed yang tentu berpengaruh juga pada harga yang berlaku. Lalu apa saja perbedaan twin bed dan double bed.

Perbedaan Twin Bed dan Double Bed

Twin bed dan double bed adalah dua istilah yang merujuk pada tipe tempat tidur. Masing-masing istilah digunakan pada tempat tidur dengan spesifikasinya sendiri-sendiri. Artinya, twin bed dan double bed punya perbedaan yang mendasar. Adapun perbedaan keduanya adalah sebagai berikut.

  1. Kapasitas Pengguna

Secara harfiah, twin bed artinya ranjang kembar, sedangkan double bed adalah ranjang ganda. Dalam dunia hospitality, twin bed mengacu pada jumlah tempat tidur yang tersedia di kamar. Kamar yang memiliki twin bed berarti memiliki dua tempat tidur terpisah yang ukuran dan jenisnya sama atau kembar. Kapasitas masing-masing hotel hanya untuk satu orang saja.

Sedangkan double bed adalah satu ranjang yang berisi satu kasur dengan ukuran yang lebih besar. Kapasitas penggunaan per ranjang adalah dua orang.

  1. Ukuran Kasur

Ukuran kasur yang digunakan pada twin bed dan double bed  berbeda. Ukuran kasur twin bed pada umumnya kurang lebih 100x200 cm, ada pula yang berukuran 90x200 cm.

Sedangkan ukuran kasur double bed umumnya kurang lebih 160×200 cm. Besarnya ukuran kasur double bed membuat tipe kasur ini disebut dengan queen bed.

  1. Ukuran Sprei dan Selimut

Karena ukuran kasur pada twin bed dan double bed berbeda, ukuran sprei dan selimut yang tersedia juga berbeda. Ukuran selimut dan sprei masing-masing tipe kasur akan lebih besar dibanding ranjangnya.

  1. Kapasitas Pengguna

Kapasitas pengguna pada kamar hotel dengan twin bed dan double bed secara khusus juga berbeda. Kapasitas pengguna kamar kedua tipe ranjang tersebut sebenarnya sama, yakni dua orang. Namun pada kamar dengan twin bed bisa digunakan untuk satu orang.

Sedangkan kapasitas pengguna kamar double bed bisa digunakan dua orang. Walaupun Anda bisa menggunakan double bed untuk satu orang, namun ukuran yang terlalu besar dianggap berlebihan kecuali dalam kondisi tertentu.

  1. Jumlah Nakas

Nakas adalah meja kecil yang biasanya ditempatkan di samping ranjang. Nakas memiliki nama lain yakni bedside table. Kamar dengan twin bed biasanya hanya memiliki satu bedside table. Sedangkan pada double bed biasanya memiliki dua bedside table.

  1. Harga Sewa

Harga sewa kamar dengan twin bed dan double bed juga berbeda. Kamar dengan double bed harganya jauh lebih mahal dibanding twin bed.

  1. Segmen Penyewa

Kamar dengan double bed biasanya disediakan untuk keluarga atau pasangan yang memiliki hubungan yang intim misalnya sepasang suami-istri yang telah memiliki satu anak. Sedangkan twin bed biasanya disediakan berbeda. Contoh, fasilitas ini biasanya disewa oleh dua orang seperti teman biasa.

Itulah beberapa perbedaan twin bed dan double bed. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjugi VOI.ID.