Ternyata, Disney Punya Versi Lain untuk Akhir Kisah Joe Gardner dalam <i>Soul</i>
Soul (Disney+)

Bagikan:

JAKARTA - Disney Pixar baru merilis film Soul melalui layanan streaming Disney+ pada 25 Desember lalu.

Film Soul menceritakan guru musik Joe Gardner (Jamie Foxx) yang bermimpi sebagai musisi jazz. Suatu hari, Joe mengalami kecelakaan yang membuat jiwanya terpisah dari badannya.

Jiwanya pergi ke sebuah seminar bernama You Seminar di mana ia bertemu dengan 22 (Tina Fey) agar kembali ke dunia sebelum waktunya terlambat.

Jika Anda sudah menonton film Soul, Anda tahu bahwa Joe Gardner mengalami ending yang memuaskan. Tetapi melalui wawancara dengan Entertainment Tonight, sutradara Soul, Pete Docter dan Kemp Powers serta produser Dana Murray memberitahu ide awal ending film Soul.

“Kami punya versi di mana Joe tidak kembali ke tubuhnya dan ia harusnya tetap mati. Kami juga memiliki versi di mana Joe berada di bumi setahun kemudian,” kata Powers.

Mereka berdebat karena setiap orang memiliki pendapat mengenai ending film Soul. Alhasil mereka terus menonton film Soul sampai menemukan titik kesepakatan.

“Kami menonton bolak-balik sampai ending di akhir penayangan. Sebenarnya, Joe tidak pergi ke The Great Beyond,” kata Murray. Mereka sempat berdiskusi mengenai karakter Joe dan kehidupan mengenai ibunya, Libba. Secara cerita, rasanya seperti curang untuk membiarkan Joe hidup kembali tetapi di sisi lain karakter Joe memiliki hak untuk terus hidup di bumi dan menjalankan passion-nya.

“Saya pikir film ini memiliki ending yang baik karena ia (Joe Gardner) harus menikmati hidup seperti apa yang ia inginkan, karena ia belajar banyak hal sepanjang film.”