Dianggap Teledor, 2 Media Asing Ini Tulis Aksi Ria Ricis Bawa Anak Naik Jetski Tanpa Pengaman
Ria Ricis dan Teuku Ryan (Ivan Two Putra/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Keputusan Ria Ricis dan Teuku Ryan membawa anaknya, Cut Raifa Aramoana yang masih berumur 5 bulan tidak hanya menarik perhatian publik Indonesia saja. Aksi Ricis itu juga disorot oleh media internasional.

Seorang jurnalis bernama Charissa Cheong membuat sebuah artikel berjudul “A YouTube mom with 30 million subscribers filmed her baby on a jet ski with no life jacket, sparking concern among viewers” (Seorang ibu YouTube dengan 30 juta subscribers memfilmkan bayinya menaiki jet ski tanpa jaket pelampung, memicu kekhawatiran di kalangan penonton) di media online yang berbasis di Amerika Serikat, Insider.

Dalam tulisannya, Charissa menyoroti bagaimana konten yang dibuat Ricis itu mendapat tanggapan negatif dari publik. Ia menyamakan kasus Ricis dengan dua kasus lain dari Amerika Serikat, dimana orang tua membuat konten bersama anaknya yang masih kecil dan kemudian mendapat kritikan dari publik.

Kasus pertama adalah orang tua asal Utah yang mendapat kritikan tajam setelah membagikan video dimana ia membawa anaknya yang saat itu masih berusia 6 bulan untuk ski air. Ia dikritik karena mengikutsertakan anak di bawah umur ke dalam olahraga yang berbahaya.

Kemudian kasus kedua adalah orang tua yang berasal dari Kentucky yang juga merupakan seorang YouTuber. Ia dikritik karena mengunggah video anaknya yang berusia 6 tahun yang terlihat menangis saat mengikuti lari maraton.

Charissa juga menyoroti bagaimana Ria Ricis tidak memperhatikan panduan bagi seseorang untuk menaiki jetski. “Menurut beberapa situs web, tidak ada undang-undang yang melarang orang tua membawa anak mereka dengan jetski, tetapi sebagian besar pedoman pabrikan tentang jetski merekomendasikan bahwa semua penumpang harus dapat mencapai lantai ruang kaki kendaraan dengan aman dengan kedua kaki,” tulis Charissa Cheong dalam artikelnya.

Artikel di Insider itu kemudian ditulis ulang di media yang berbasis di Hongkong, South China Morning Post. Artikel di media tersebut diberi judul “Indonesian YouTuber under fire for video of infant daughter on a jet ski”.

Sebelumnya, Ria Ricis merasa tak bermasalah jika ia dianggap kerap menjadikan anaknya sebagai konten. Ia beralasan banyak juga orang tua yang membuat konten dengan anaknya.

“Kayaknya banyak orang tua juga yang bawa anaknya buat didokumentasiin. Alhamdulillah (punyaku) disorot, dilihat orang banyak, ya alhamdulillah. Kayak kemarin kita sensory play juga kita bikinin dokumentasi, banyak sebenarnya yang kita dokumentasiin,” kata Ria Ricis saat ditemui di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan pada Senin, 9 Januari.