Legenda Gitar Pemilik <i>Sound</i> Khas, Jeff Beck Meninggal pada Usia 78 Tahun
Jeff Beck (Instagram @jeffbeckofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Jeff Beck, salah satu gitaris rock paling berpengaruh sepanjang masa, meninggal dunia pada usia 78 tahun.

Musisi asal Inggris ini mencapai kepopuleran saat jadi personel Yardbirds, di mana dia menggantikan Eric Clapton, sebelum membentuk Jeff Beck Group bersama Rod Stewart.

Jeff Beck dikenal dengan permainan gitarnya yang khas sekaligus 'melanggar peraturan'. Sound yang dihasilkan lewat jemarinya begitu identik sehingga siapa pun yang mendengar tanpa melihat bakal tahu itu adalah Jeff Beck.

Gitaris kelahiran 24 Juni 1944 itu doyan menggunakan whammy bar/tremolo bar terutama saat quarter bending. Sejak tahun 1990, dia sudah tidak pernah memakai pick di mana kuku jari dan ibu jari menjadi senjatanya. Tak cuma itu, slap and pop ala pemain bass funk juga jadi andalannya ketika memerlukan efek suara perkusif.

Kehadirannya dalam merevolusi dunia gitar pada tahun 1960-an telah memengaruhi dunia heavy metal, jazz-rock, dan bahkan punk. 

Kematian Jeff Beck dikonfirmasi di laman Instagram resminya.

"Atas nama keluarganya, dengan kesedihan yang dalam dan mendalam kami berbagi berita tentang meninggalnya Jeff Beck," kata pernyataan itu.

"Setelah tiba-tiba tertular meningitis bakteri, dia meninggal dunia dengan damai kemarin. Keluarganya meminta privasi sementara mereka memproses kehilangan yang luar biasa ini."

Berbicara ketika dia dilantik ke Rock and Roll Hall of Fame untuk kedua kalinya pada tahun 2009, Beck - berkata: "Saya bermain seperti yang saya lakukan karena memungkinkan saya menghasilkan sound yang paling sakit."

“Itulah intinya sekarang, bukan? Saya tidak peduli dengan peraturan.

"Faktanya, jika saya tidak melanggar peraturan setidaknya 10 kali di setiap lagu, maka saya tidak melakukan pekerjaan saya dengan baik."

Menanggapi berita kematiannya, penyanyi Sir Rod Stewart menyebut Beck "yang terhebat".

Memposting foto mereke berdua di Instagram, dia menulis: "Jeff Beck itu dari planet lain. Dia membawa saya dan Ronnie Wood ke AS pada akhir tahun 60-an dengan bandnya, Jeff Beck Group dan kami tidak pernah melihat ke belakang sejak itu.

"Dia adalah salah satu dari sedikit gitaris yang ketika bermain live benar-benar mendengarkan saya bernyanyi dan merespons.

"Jeff, kamu yang terhebat, temanku. Terima kasih untuk semuanya. RIP."