Anggota Bachman-Turner Overdrive Robbie Bachman Meninggal, Sang Kakak: Mungkin Jeff Beck Butuh Drumer!
Anggota Bachman-Turner Overdrive Robbie Bachman Meninggal (Instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Robbie Bachman, drummer dan salah satu pendiri band rock asal Kanada, Bachman-Turner Overdrive (BTO), meninggal dunia pada usia 69 tahun.

Turun ke Twitter untuk mengumumkan berita tersebut, kakak sekaligus rekan bandnya, Randy Bachman menulis:

“Kepergian yang menyedihkan lagi. Ketukan berdebar di belakang BTO, adik saya Robbie telah bergabung dengan Ibu, Ayah & saudara laki-laki Gary di sisi lain.

“Mungkin Jeff Beck membutuhkan seorang drummer! Dia adalah roda penggerak integral dalam mesin rock 'n' roll kami dan kami mengguncang dunia bersama.”

Robbie mendirikan band bersama Randy, saudara mereka Tim Bachman dan bassis Fred Turner di Winnipeg, Kanada pada awal 1970-an. Mereka merilis album debut self-titled dan tindak lanjutnya, Bachman-Turner Overdrive II, keduanya pada 1973.

Setelah album ketiga, Not Fragile (1974) menampilkan hit terbesar mereka - You Ain't Seen Nothing Yet - Randy akhirnya keluar dari band ini pada 1977.

BTO berlanjut dengan vokalis baru Jim Clench, sebelum bubar pada tahun 1980.

Randy kemudian kembali untuk menyatukan band ini pada tahun 1983, di mana Robbie tidak ambil bagian dalam reuni tersebut.

Album rilisan 1984 mereka, Bachman-Turner Overdrive adalah satu-satunya album penuh dalam karier mereka yang tidak menampilkan Robbie pada drum.

Robbie kemudian kembali ke band dari tahun 1988 hingga 2005, tapi tidak muncul dalam reuni berikutnya pada tahun 2009.

Penampilan terakhir Robbie dengan band ini datang pada tahun 2014 ketika mereka dilantik ke dalam Canadian Music Hall Of Fame.