Apa yang Dilakukan Saat Terjadi Gempa? Ikuti Langkah Mitigasi Ini
Ilustrasi gempa bumi (unsplash/Nadia Ganzhyi)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Gempa bumi kerap melanda sejumlah wilayah di Indonesia, baik gempa tektonik maupun vulkanik. Gempa tektonik sering terjadi karena Indonesia berada di jalur pertemuan 3 lempeng tektonik, yaitu Indo Australia, Eurasia, dan Pasifik. Sementara penyebab terjadinya gempa vulkanik karena negara ini dikelilingi oleh cincin api pasifik atau terdapat banyak gunung berapi.

Rawan terjadinya gempa bumi perlu diwaspadai oleh setiap warga negara Indonesia. Apa yang dilakukan saat terjadi gempa bumi? Mitigasi bencana perlu dipahami oleh setiap orang untuk karena bencana bisa datang kapan saja di luar prediksi. Mitigasi adalah upaya yang perlu dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir kerugian akibat bencana.

Gempa bumi menjadi salah satu bencana yang kerap menimbulkan banyak korban jiwa dan kerugian parah. Gempa berkekuatan besar bisa menyebabkan bangunan rusak dan roboh, tanah longsor, tanah retak, tsunami, dan sebagainya. Bencana ini saat berbahaya apalagi jika seseorang berada di dalam ruangan. Lantas apa yang perlu dilakukan saat terjadi gempa bumi?

Apa yang Dilakukan saat Terjadi Gempa?

Ada sejumlah hal penting yang perlu dilakukan apabila Anda mengalami gempa bumi. Berikut langkah-langkah mitigasi yang wajib anda lakukan.

Berusaha Tenang dan Tidak Panik

Saat terjadi gempa pasti semua orang akan langsung panik dan khawatir. Ada yang langsung lari tunggang langgang ke luar. Ada pula yang bingung harus bertindak seperti apa. Hal ini terjadi karena anda tidak bisa berpikir jernih ketika dalam keadaan panik.

Oleh karena itu, anda perlu berusaha untuk tenang dan tidak panik. Saat pikiran dan perasaan tenang, anda bisa lebih bijak mengambil keputusan atau tindakan. Anda tidak hanya memikirkan diri sendiri, tetapi juga keselamatan keluarga. Apabila anda sedang berada di tempat ramai, jangan justru memicu kepanikan. Tetap tenang dan ikuti intruksi petugas setempat.

Saat di Dalam Ruangan

Berada di dalam ruangan saat terjadi gempa adalah sesuatu yang cukup membahayakan. Apalagi jika bangunan ruangan tidak terlalu kokoh untuk menahan guncangan. Ada beberapa langkah yang bisa anda untuk mitigasi gempa saat di dalam ruangan. 

1. Segera Keluar Ruangan

Saat terjadi gempa, anda perlu segera keluar ruangan atau rumah. Pastikan anda bisa berlari dan membuka pintu dengan pikiran tenang agar kunci atau kancingan cepat terbuka. 

2. Mematikan Peralatan Listrik

Tindakan yang juga penting anda lakukan saat terjadi gempa adalah mematikan semua peralatan listrik, seperti peralatan memasak, perangkat elektronik, dan lainnya. Langkah ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran.

3. Berlindung di Bawah Meja

Apabila anda tidak sempat untuk bergegas keluar rumah, anda dapat secepatnya berlindung ke bawah meja. Guncangan akibat gempa dapat membuat benda-benda hingga atap rumah terjatuh. Anda dapat menghindari risiko tersebut dengan berlindung di bawah meja. 

4. Melindungi Kepala dengan Helm atau Bantal

Kepala menjadi bagian tubuh yang perlu anda jaga saat terjadi gempa bumi. Sangat berbahaya apabila kepala terkena atau kejatuhan benda, dinding, maupun atap. Anda bisa melindungi kepala memakai helm atau bantal. 

Saat di Luar Ruangan

Meski berada di luar ruangan, anda tetap perlu melakukan perlindungan diri saat terjadi gempa bumi. Langkah-langkah mitigasi yang dilakukan berbeda ketika berada di dalam ruangan. Berikut hal yang perlu anda lakukan:

1. Menjauhi Bangunan dan Pohon 

Anda perlu segera menjauhi bangunan dan pohon ketika terjadi gempa bumi. Pohon dan gedung yang roboh dapat berpotensi menimpa diri anda hingga menimbulkan korban. Jadi lebih baik mencari tempat terbuka seperti lapangan. 

2. Memperhatikan Tanah yang Dipijak

Gempa berkekuatan besar bisa menimbulkan retakan tanah hingga jalan terputus. Anda perlu memperhatikan tanah yang anda pijak saat terjadi gempa. Apabila tanah seperti akan merekah, anda harus segera berpindah tempat. 

3. Mengikuti Instruksi Petugas

Apabila anda berada di lokasi keramaian atau tempat publik, anda harus tetap tenang dan mengikuti instruksi petugas. Petugas biasanya akan memberikan arahan proses evakuasi. Jadi pastikan selalu mematuhi intruksi demi keamanan diri anda dan orang lain. 

Saat di Dalam Mobil

Kadang gempa terjadi saat anda berada di dalam mobil. Jika mengalaminya, anda perlu segera menghentikan mobil. Namun jangan berhenti di tengah jalan. Arahkan mobil ke kiri bahu jalan, baru berhenti. Segera turun dari mobil dan mencari tempat yang lapang. Ikuti arahan dari petugas yang ada di tempat publik.

Itulah penjelasan apa yang dilakukan saat terjadi gempa bumi, baik di dalam maupun di luar ruangan.. Mitigasi gempa bumi perlu dipahami dan dilakukan untuk menghindari adanya korban jiwa hingga kerugian.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.