Bagikan:

YOGYAKARTA – Ketika memasuki musim liburan, banyak sekali menjumpai keramaian di tempat-tempat wisata. Anda juga naik transportasi umum, seperti kapal laut, kereta api, atau pesawat terbang. Oleh karena itu, menjaga kesehatan saat liburan adalah tujuan utama selain menikmati momen menyenangkan Anda. Apa yang bisa dilakukan? Ikuti cara berikut ini.

1. Membawa bekal dan siapkan obat harian

Jika Anda menderita diabetes, sangat penting untuk makan dekat jadwal rutin minum obat. Menurut Inyanga Mack, MD., asisten profesor kedokteran keluarga dan komunikasi di Temple University School of Medicine, Philadelphia. Ini berarti Anda harus membawa bekal sesuai dengan kebutuhan minum obat rutin. Selain itu, saran Mack dilansir WebMD, Jumat, 30 Desember, simpan daftar obat dan dosis Anda sehingga lebih mudah diingat dan diakses nanti dalam perjalanan. Di tambah lagi, jangan kemas obat dalam bagasi tetapi dibawa dalam tas.

2. Beri label obat dengan benar

Semua resep harus memiliki label farmasi atau label yang dicetak secara profesional yang mengidentifikasi obat tersebut. Jika Anda tidak diizinkan naik pesawat dengan membawa obat-obatan dan perbekalan, mintalah untuk berbicara dengan perwakilan bandara atau direktur keamanan. Anda bahkan mungkin harus menelepon sebelumnya untuk memastikan Anda dapat mengetahui apa yang Anda butuhkan.

tetap sehat saat liburan
Ilustrasi tetap sehat saat liburan (Freepik/Lifestylememory)

3. Jangan sampai dehidrasi atau kelelahan

Beristirahatlah yang banyak, kata Ronald Krone, MD, profesor kedokteran dan kardiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Washington di St. Louis. Jika Anda merasa lelah, cari seseorang untuk membawa tas Anda. Jangan terburu-buru. Bepergian di bandara yang panjang bisa melelahkan. Bawa barang sesedikit mungkin ke dalam pesawat, jadi Anda tidak kesulitan mengangkat sesuatu di atas kepala.

Jika bepergian ke luar negeri, beri jeda sehari untuk memulihkan diri. Selain juga berikan waktu untuk banyak istirahat. Penting lagi, pastikan Anda minum cukup air mineral.

4. Bawa mainan jika bepergian dengan anak-anak

Miliki rencana permainan karena ketika menunggu Anda perlu membuat anak-anak tetap tenang, kata Andrea McCoy, MD, direktur perawatan primer di Temple University Children's Medical Center di Philadelphia.

"Awalnya sulit untuk bepergian dengan anak-anak, dan penundaan serta perubahan zona waktu membuatnya semakin sulit," kata McCoy. Biarkan anak-anak berlari ketika ada kesempatan. Bawa serta makanan ringan, minuman, dan aktivitas. Buku untuk dibaca, buku teka-teki, permainan anak laki-laki, dan catur portabel membuat anak-anak tetap bersemangat

5. Bawa makanan ringan

Bawalah sesuatu seperti bagel, yang bertepung dan tidak perlu didinginkan, untuk mengimbangi rasa lapar dan mabuk udara. Ingatlah untuk memasukkan obat ke dalam kantong es jika perlu. Ditambah lagi, beri tahu dokter Anda sebelumnya bahwa Anda akan bepergian, seandainya obat pilihan kedua lebih nyaman untuk dibawa. Bawa acetaminophen - sesuatu yang bisa dihisap atau ditelan anak-anak. Ini untuk sakit dan nyeri normal, ditambah sakit telinga, kata McCoy. Tindakan menelan atau menghisap akan membantu membersihkan telinga anak jika Anda sedang terbang.

Itulah hal yang perlu Anda persiapkan sebelum berangkat perjalanan liburan. Tetaplah sehat dan memakai masker ataupun rutin mencuci tangan dengan hand sanitizer.