Cara Meluruskan Rambut Secara Alami yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah
Ilustrasi rambut (Lukas Bester-Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Anda bisa melakukan beberapa cara meluruskan rambut secara alami agar penampilan makin menarik. Meluruskan rambut alami merupakan hal lumrah yang kerap dilakukan oleh masyarakat, khususnya kaum hawa.

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Meluruskan rambut secara alami banyak dipilih karena cenderung aman dan menambah kecantikan rambut. Selain itu kerusakan pada rambut bisa dihindari, berbeda dengan cara meluruskan rambut dengan bantuan kimia atau alat tertentu.

Bagi Anda yang ingin meluruskan rambut secara alami, cara yang bisa dilakukan adalah dengan bantuan bahan-bahan organik. Selain membantu rambut lurus, bahan organik jadi salah satu cara cepat tumbuhkan rambut.

Berikut ini membantu menyehatkan rambut. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan adalah sebagai berikut, dikutip dari berbagai sumber.

  1. Lidah Buaya

Selama ini lidah buaya memang kerap digunakan sebagai bahan organik yang menyehatkan rambut, termasuk melembutkan rambut hingga ke akar. Lidah buaya atau aloe vera termasuk bahan organik yang mudah diserap oleh rambut sehingga menjaga kelembapan rambut dan kulit kepala.

Cara meluruskan rambut dengan lidah buaya adalah dengan mengoleskan gel aloe vera yang dicampur dengan minyak zaitun. Setelah bahan tercampur, oleskan ramuan tersebut ke rambut dan pijit dengan lembut agar bisa meresap hingga ke kulit kepala.

Setelah dirasa merata, biarkan ramuan tersebut selama satu hingga satu setengah jam. Anda bisa mengenakan shower cap untuk melindungi kepala sembari menunggu.

Setelah itu, cuci rambut dengan air mengalir. Anda juga disarankan untuk menggunakan sampo setelah rambuan bersih dari kepala, lalu oleskan kondisioner setelahnya.

  1. Susu dan Madu

Bahan organik selanjutnya adalah campuran susu dan madu. Kandungan protein pada susu akan membantu menguatkan rambut, sedangkan madu akan membantu menutrisi rambut. Susu juga akan membuat rambut lebih lembut hingga menambah kilau rambut.

Cara meluruskan rambut dengan susu dan madu adalah dengan mencampurkan kedua bahan tersebut lebih dulu. Takaran susu dan madu disesuaikan kebutuhan Anda. Setelah itu usapkan ramuan tersebut ke rambut dan pijat dengan lembut selama 15 hingga 30 menit.

Anda juga bisa menyemprotkan ramuan tersebut dan gunakan setelah keramas. Setelah itu diamkan selama lima menit lalu bilas dengan air bersuhu ruangan.

  1. Pisang

Manfaat pisang tidak hanya bisa didapat dengan cara mengonsumsinya, bisa juga digunakan sebagai krim pelembut rambut hingga menjadi lurus.

Menruut Health Shots, pisang mampu melembabkan rambut yang kering pada rambut keriting. Selain itu pisang akan membantu menutrisi rambut dengan baik.

Cara merawat rambut dengan pisang cukup mudah. Pilih pisang yang benar-benar matang. Setelah itu haluskan pisang hingga lembut dengan sendok atau bantuan alat lain. Pastikan biji pisang, kulit, atau kotoran lain tidak masuk dalam ramuan.

Setelah itu campurkan pisang yang sudah lembut dengan madu, yoghurt, dan minyak zaitun. Takarannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Setelah itu aduk ramuan tersebut hingga rata.

Setelah rata, oleskan ramuan ke rambut dan pijat dengan lembut. Lakukan pemijatan hingga ramuan benar-benar meresap dan menyentuh kulit kepala. Hal itu dilakukan agar hasil yang didapat benar-benar maksimal. Setelah itu biarkan selama minimal satu jam. Setelah itu bilas dengan air bersuhu ruangan. Anda bisa mencuci rambut lagi dengan sampo dan mengoleskan rambut dengan nutrisi pabrikan.

Itulah informasi terkait cara meluruskan rambut secara alami. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.