Bagikan:

YOGYAKARTA - Meluruskan rambut bisa dilakukan dengan berbagai metode hair treatment. Salah satu cara yang mungkin sebagian orang belum tahu adalah meluruskan rambut memakai bedak bayi. Bedak ini nggak hanya berguna untuk merawat kulit bayi, namun juga memberikan sejumlah manfaat bagi rambut. 

Bedak bayi adalah produk kosmetik yang berbeda dengan bedak tabur. Kalau bedak tabur dibuat dari bahan kimia, bedak bayi menggunakan bahan alami, seperti tepung beras, tepung jagung, atau tepung oat. Selain itu, bedak bayi juga memiliki tekstur yang halus dan ringan. 

Bagi Anda yang memiliki masalah rambut kusut atau tidak beraturan, Anda bisa mencoba menggunakan bedak bayi untuk mengatasinya. Lantas bagaimana cara meluruskan rambut dengan bedak bayi dan manfaatnya yang perlu Anda tahu?

Cara Meluruskan Rambut dengan Bedak Bayi

Sebagian orang mungkin baru tahu kalau bedak bayi dapat digunakan untuk meluruskan rambut yang kusam atau kusut. Selama ini mungkin Anda menganggap bedak bayi hanya dipakai buat merawat kulit bayi agar mulus dan tetap segar. 

Padahal bedak bayi juga memiliki sejumlah manfaat baik ketika diterapkan di rambut. Cara menggunakan bedak bayi untuk meluruskan rambut pun cukup mudah, melalui langkah-langkah berikut ini:

Menggunakan Bedak Bayi sebagai Dry Shampoo

Dry shampoo adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi rambut berminyak, terutama saat tidak ada waktu untuk mencuci rambut. Namun produk-produk dry shampoo yang dijual di pasaran sering mengandung bahan kimia yang bisa merusak rambut dalam jangka panjang. 

Untuk menghindari efek buruk bahan kimia tersebut, bedak bayi bisa digunakan sebagai alternatif alami cara meluruskan rambut. Cukup taburkan sedikit bedak bayi ke akar rambut, lalu gosok perlahan untuk menyebarkan bedak ke seluruh rambut. Bedak bayi akan menyerap kelebihan minyak di kulit kepala dan membuat rambut tampak lebih lurus.

Mencampurkan Bedak Bayi dengan Air

Cara lain meluruskan rambut memakai bedak bayi adalah dengan membuat pasta dari bedak bayi. Campurkan bedak bayi dengan sedikit air hingga membentuk pasta yang bisa diaplikasikan pada rambut. 

Oleskan pasta bedak bayi ke rambut dan biarkan selama 20-30 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan air hangat dan keramas seperti biasa. Metode ini akan membantu meluruskan rambut secara alami tanpa menggunakan bahan kimia keras.

Memakai Campuran Bedak Bayi dengan Bahan Alami Lain

Tidak hanya bedak bayi, terdapat bahan alami lain yang dapat membantu meluruskan rambut. Bahan alami yang bisa Anda gunakan misalnya seperti lidah buaya dan madu. Anda juga bisa mencampurkan bedak bayi dengan lidah buaya segar yang sudah dihaluskan dan sedikit madu.

Oleskan campuran ini ke rambut dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas. Lidah buaya dan madu adalah bahan alami dengan sifat pelembab yang baik. Campuran bahan ini dapat membantu meluruskan rambut serta memberikan kelembaban ekstra.

Manfaat Bedak Bayi untuk Rambut

Bedak bayi tidak hanya membantu meluruskan rambut ketika diaplikasikan di rambut. Bedak ini juga memberikan sejumlah manfaat lain sebagai cara untuk merawat rambut. Bedak ini juga bisa menyerap keringat dan menjaga rambut tetap kering serta segar seharian. 

Selain itu, bedak bayi juga berperan efektif dalam mengatasi biang keringat di kulit kepala bayi. Bedak bayi yang bersifat lembut dan halus juga tidak akan mengakibatkan iritasi kulit ketika terkena di kulit kepala.

Demikianlah cara meluruskan rambut dengan bedak bayi yang bisa Anda coba untuk mengatasi rambut kusut atau tidak beraturan. Dengan bedak ini, Anda bisa meluruskan rambut secara alami tanpa menggunakan kandungan kimia yang bisa merusak rambut. Baca juga cara meluruskan rambut secara alami

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.