Bagikan:

YOGYAKARTA – Memakai bedak merupakan salah satu rutinitas kecantikan yang dilakukan setiap hari. Produk ini, bedak, membantu mendapatkan riasan yang memukau dan tahan lama. Baik Anda ingin tampil natural atau lebih dramatis, namun penting memahami fungsi bedak tabur dan bedak padat.

Bedak tabur dan fungsinya

Bedak tabur adalah campurn bahan kosmetik kering yang memiliki tekstur halus karena terdiri dari partikel kecil. Bedak tabur bisa saja mengandung minyak, tetapi tidak mengandung air. Maka dari itu, bedak tabur bisa disimpan lama dan bisa digunakan oleh hampir semua orang.

fungsi bedak tabur dan bedak padat
Ilustrasi fungsi bedak tabur dan bedak padat (Freepik)

Bedak tabur berfungsi menyembunyikan ketidaksempurnaan, membantu mengontrol produksi minyak berlebih sepanjang hari, dan membuat riasan terlihat merata terutama di depan kamera. Melansir Byrdie, Senin, 15 Juli, bedak tabur saat ini diformulasikan dengan berbagai bahan. Bedak tabur juga diproduksi tidak terlalu kental sehingga menimbulkan efek blur dan memperpanjang riasan untuk segala jenis kulit.

Cara tepat mengaplikasikan bedak tabur, tergantung kebutuhan dan alat yang dipakai. Untuk mengaplikasikan bedak tabur yang berfungsi setting, yaitu memakai bedak tabur untuk menata alas bedak dan concealer. Langkahnya, aplikasikan bedak tabur menggunakan kuas tipis dan halus atau bulu yang sedikit lebih panjang.

Mengaplikasikan bedak tabur untuk fungsi baking, perlu memakai spons aplikator yang sedikit lembap. Tujuannya lebih transormatif terutama jika dipakai merias wajah untuk difoto.

Fungsi ketiga, bedak tabur juga bisa mencerahkan dan menetralkan. Ini dilakukan kalau riasan berubah warna. Maka bedak tabur membantu menetralkan. Sedangkan untuk efek mencerahkan, perlu dipakai teknik khusus dan memilih shade warna bedak tabur yang pas. Misalnya untuk menutupi mata panda, pilih bedak tabur warna persik. Bedak tabur juga bisa membantu memperbaiki alas bedak yang warnanya tidak cocok dengan warna kulit Anda.

Fungsi bedak padat

Setelah mengenali fungsi-fungsi bedak tabur, tentu Anda akan penasaran tentang fungsi bedak padat. Menurut penata rias profesional Mar Groot, bedak padat adalah campuran bahan bubuk kering bertekstur halus yang dipres dalam wadah kosmetik dengan kekuatan atau tekanan besar. Proses pengepresan ini, yang membedakan bedak tabur dan bedak padat.

fungsi bedak tabur dan bedak padat
Ilustrasi cara tepat memakai bedak tabur dan bedak padat (Freepik)

Saat pengepresan sering kali juga ditambahkan bahan tambahan. Termasuk minyak jojoba dan minyak jarak. Makanya bedak padat kurang tahan lama umur simpannya jika dibandingkan bedak tabur.

Bedak padat diformulasikan untuk kenyamanan. Penata rias manapun akan mengatakan bahwa bedak padat paling ergonomis dibawa daripada bedak tabur. Bedak padat juga lebih mudah diaplikasikan. Nah, bedak padat kerap dipakai sebagai tahapan finishing dalam riasan. Bedak padat ini, kehalusannya menyempurnakan riasan yang diaplikasikan sebelumnya.

Bedak padat kebanyakan memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan bedak tabur. Jadi kalau untuk menciptakan hasil akhir riasan Anda, pilih yang paling cocok. Nah, cara memakai bedak padat saran dari Groot, hindari mengaplikasikan terlalu banyak. Memakainya juga hanya tap-tap spons ke kulit saja. Jangan sampai berlapis-lapis karena riasan akan terlihat berat dan tebal.

Setelah mengetahui fungsi bedak tabur dan bedak padat, mana yang sering Anda pakai untuk riasan sehari-hari? Paling penting, pilihlah produk yang formulanya cocok untuk jenis kulit Anda.