Bagikan:

YOGYAKARTA - Pernikahan Kaesang Pengarep dengan Erina Gudono dilaksanakan pada Sabtu, 10 Desember 2022. Kabar dan euforia pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi ini ramai bertebaran di media sosial. Banyak netizen yang tertarik mencari tahu lebih jauh latar belakang kedua mempelai. 

Publik pun penasaran dengan keluarga Erina Gudono. Salah satu sosok yang menjadi sorotan netizen adalah ibunda Erina Gudono yang bernama Sofiatun Gudono. Diketahui bahwa ibu dari mempelai perempuan bukan orang sembarangan. 

Sofiatun Gudono merupakan seorang akademisi yang menjadi dosen sekaligus rektor di salah satu kampus ternama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mitra Indonesia. Informasi tersebut terlampir di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Mari mengenal lebih jauh siapa sosok Sofiatun Gudono. 

Profil Sofiatun Gudono

Sofiatun Gudono lahir di Kediri, Jawa Timur, pada 10 Februari 1964. Perempuan berusia 58 tahun ini menghabiskan masa kecil di kota kelahirannya. Sofiatun menempuh pendidikan sekolah menengah atas di SMA 2 Kediri pada 1979. 

Lulus dari SMA, Sofiatun Gudono merantau ke Yogyakarta untuk menempuh kuliah di Universitas Islam Indonesia (UII) pada tahun 1982. Ia lulus dari UII dengan gelar S1 pada tahun 1988, setelah enam tahun menjalani perkuliahan. 

Sofiatun melanjutkan pendidikan jenjang magister atau S2 di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tahun 1999. Setelah menempuh studi dua tahu, ia pun lulus dengan gelar Magister Sains Akuntansi (MSi AKT).

Sofiatun juga pernah menjalani pendidikan di Murray State College, Oklahoma, Amerika Serikat. Saat ini, ia menjabat sebagai dosen tetap dan mengajar untuk program studi Manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mitra Indonesia. 

Sofiatun Gudono Pengusaha Sukses

Tak hanya bergelut di dunia akademik. Sofiatun Gudono ternyata juga merupakan seorang pebisnis sukses. Ia memiliki usaha fashion dan membuka butik bernama Sophie Boutique yang berlokasi di Jalan Kaliurang, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Besan presiden Jokowi tersebut sudah memulai bisnis butiknya sejak tahun 2005. Produk-produk miliknya sudah sering mengikuti pameran di dalam negeri dan di luar negeri. Pada Mei 2019, Sophie Boutique mengikuti pameran Pasar Lebaran dalam rangka Hari Jadi ke-103 Kabupaten Sleman. 

Pada tahun yang sama, Sofiatun membawa produknya untuk ditampilkan di pameran East West Economic Corridor (EWEC) di Vietnam. Selain itu, ia juga terlibat dalam acara Indonesia Expo di Bangladesh. 

Sofitatu juga membawa produknya pernah mengikuti misi dagang meliputi pameran dan bussiness forum dalam acara Rusia Halal Expo di Rusia pada Juli Agustus 2021. Produk dari Shopie Boutique juga telah dijual ke pasar luar negeri. Gamis eksklusif berbahan sruti dan brokat dijual ke Brunei Darussalam, Malaysia, dan Bangladesh.

Keluarga Erina Gudono

Sofiatun Gudono menikah dengan Mohammad Gudono pada 28 Juli 1989. Mereka kemudian memiliki lima anak, yaitu tiga anak perempuan dan dua anak laki-laki. Namun anak nomor dua meninggal saat lahir. 

Kini Sofiatun Gudono hidup sebagai orang tua tunggal karena suaminya telah meninggal pada 28 Juli 2016. Mohammad Gudono meninggal di hari ulang tahun pernikahan mereka. Ayah Erina Gudono meninggal karena terkena serangan jantung saat di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta. 

Mohammad Gudono juga seorang akademisi yang mengajar sebagai dosen di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Ayah Erina memiliki gelar Profesor Dr. Mohammad Gudono, MBA, Aks, Ph.D. 

Demikianlah sosok Sofiatun Gudono, ibunda dari Erina Gudono. Selain menjadi pengajar di sebuah kampus ekonomi, ia juga sibuk sebagai pebisnis fashion. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.