Perawatan Kulit dengan Teknik Slugging, Ketahui Caranya agar Efektif dan Aman
Ilustrasi apa itu teknik slugging dan manfaat slugging untuk wajah (Freepik/Benzoix)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Teknik slugging populer dibahas sosial media TikTok. Apakah teknik perawatan kulit ini efektif dan aman untuk semua tipe kulit wajah? Tunggu, biar enggak salah langkah, ketahui penjelasannya menurut anjuran pakar.

Apa itu teknik slugging? Teknik slugging adalah langkah perawatan rutin, dilakukan terakhir atau sebelum tidur. Di mana dalam teknik ini menerapkan oklusif berbasis minyak bumi pada kulit untuk mengunci produk saat tidur. Menurut dokter Robinson, Asisten Profesor Dermatologi Klinis di Yale New Haven Hospital, oklusif mencegah hilangnya air transepidermal, artinya dapat mengunci hidrasi dan produk perawatan kulit yang diterapkan sebelumnya sehingga bermanfaat maksimal.

Manfaat slugging untuk wajah baik dalam mendukung penghalang lipid alami kulit, yang mengikat sel bersama-sama dan membantu mengatur hidrasi dan mencegah iritasi,” tutur Deanne Mraz Robinson, MD., FAAD. dilansir Reader’s Digest, Senin, 5 Desember.

apa itu teknik slugging
Ilustrasi apa itu teknik slugging dan manfaat slugging untuk wajah (Unsplash/Towfiqu Barbhuiya)

Banyak orang mengaitkan tren perawatan ini dengan dunia K-beauty. Mereka menggunakan petroleum jelly untuk meredakan kulit kering. Faktanya, anak-anak yang mengalami eksim juga direkomendasikan oleh beberapa dermatolog menggunakan produk perawatan berbasis minyak bumi. Secara umum, perawatan oklusif ini memiliki proses yang bersifat reparative dan meningkatkan penyembuhan kulit secara keseluruhan.

Tambah Robinson, kalau Anda menggunakan retinoid yang dapat menyebabkan iritasi dan bahan komedogenik, lebih baik menghindari produk slugging. Berbeda kalau Anda menggunakan produk pelembap seperti serum asam hialuronat dan pelembap berbasis peptida/lipid, akan mendapatkan hasil terbaik ketika menutup perawatan dengan langkah slugging.

Teknik slugging, dilakukan sebagai rutinitas malam. Menurut dokter Rhonda Q. Klein, MD/MPH., FAAD., slugging sangat membantu Anda yang memiliki tipe kulit kering dan perlu hidrasi. Teknik ini, pas dilakukan saat musim dingin. Tetapi frekuensi memakainya perlu disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Jika kering, direkomendasikan melakukan slugging dua atau tiga kali seminggu.

Penting diperhatikan, teknik slugging tidak untuk semua tipe kulit. Apalagi apabila kulit rentan berjerawat dan dengan rosacea, hindari teknik ini.