5 Keterampilan Penting Ini Dimiliki untuk Meningkatkan Kesejahteraan
Ilustrasi keterampilan untuk meningkatkan kesejahteraan (Pexels/Renan Cajal)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kesejahteraan, atau dikenal dengan well-being, adalah pengalaman berkaitan dengan kesehatan, kebahagiaan, dan kemakmuran. Dalam kehidupan yang sejahtera, seseorang memiliki kesehatan mental yang baik, kepuasan hidup tinggi, dan memiliki makna atau tujuan hidup. Selain itu, seseorang yang memaknai hidup akan lebih mampu mengelola stres.

Tanpa mengetahui apa yang harus dilakukan, untuk meningkatkan kesejahteraan mungkin akan sulit. Itulah kenapa perlu keterampilan yang perlu dibangun. Menurut Tchiki Davis, Ph.D., konsultan dan penulis dilansir Psychology Today, mengatakan bahwa paling cepat mengolah keterampilan dibutuhkan waktu lima minggu. Kenapa lama atau tidak instan? Seseorang perlu membiasakan untuk mempraktikkan keterampilan tersebut. Seperti Anda membiasakan untuk diet atau pola hidup sehat.

Davis memberikan penjelasan, kalau kesejahteraan itu muncul dari pikiran, tindakan, dan pengalaman yang sebagian besar dapat Anda kendalikan. Lantas, keterampilan apa yang perlu dibiasakan mulai dari dalam pikiran hingga memengaruhi tindakan dan pengalaman? Ini daftar dan penjelasannya.

1. Keterampilan untuk mengelola emosi

Untuk mengembangkan kesejahteraan emosional, Anda perlu membangun keterampilan emosional. Di antaranya seperti pengaturan emosi, kesadaran, dan kepositifan. Keterampilan ini tidak mudah untuk dipraktikkan, tetapi bukan tak mungkin diimplementasikan ketika menghadapi berbagai macam situasi yang ditemui dalam hidup. Dalam mengelola emosi, menurut penelitian diperlukan keterampilan yang berkontribusi pada kebahagiaan, perhatian penuh, berpikir positif, dan ketahanan.

keterampilan untuk meningkatkan kesejahteraan
Ilustrasi keterampilan untuk meningkatkan kesejahteraan (Pexels/ Ketut Subiyanto)

2. Keterampilan dalam menjalani pola hidup sehat

Apakah jam tidur Anda selalu kurang dari 6-8 jam dan pola makan berantakan? Keterampilan dalam menjalani pola hidup sehat, perlu dimiliki agar lebih sejahtera. Ketika menjalani pola hidup sehat, maka akan mendapatkan kesejahteraan fisik. Termasuk juga membantu mencegah banyak penyakit, meningkatkan kesejahteraan emosional, dan membatasi jumlah tantangan kesehatan yang harus kita hadapi.

3. Keterampilan sosial

Sebagai makhluk sosial, maka diperlukan keterampilan sosial untuk membangun kesejahteraan sosial. Keterampilan ini, bisa dimulai dengan rasa syukur, kebaikan, dan komunikasi yang sehat. Dengan begitu, kita akan lebih mudah berinteraksi secara positif dengan orang lain dan membantu tidak merasa kesepian, marah, hingga terasing.

4. Keterampilan mengelola prioritas

Berkaitan prioritas, Davis memfokuskan jenis kesejahteraan di tempat kerja yang dibangun dengan keterampilan untuk mengejar apa yang benar-benar penting bagi kita. Ini mencakup keterampilan profesional yang membantu memenuhi tujuan hidup dan menjalankan nilai-nilai berkaitan dengan keseimbangan hidup. Selain itu, dengan keterampilan ini, kita bisa tetap fokus, termotivasi, dan sukses di tempat kerja.

5. Keterampilan dalam berkomunitas

Mengapa berkomunitas penting? Karena kita hidup dalam suatu masyarakat, maka perlu mengembangkan budaya welas asih, kebaikan, dan keadilan agar komunitas ini menjadi lingkungan yang mendukung untuk aspek hidup positif.

Itulah kelima keterampilan yang penting dimiliki untuk meningkatkan kesejahteraan. Perlu diingat, pesan Davis, meningkatkan keterampilan di atas membutuhkan waktu dan upaya. Penting pula untuk bersikap realistis dengan diri sendiri sehingga dapat tercapai secara wajar dalam waktu tertentu.