Sutradara Kim Ki Duk Meninggal Dunia Karena Komplikasi COVID-19
Kim Ki Duk (Kim Ki Duk Films)

Bagikan:

JAKARTA - Sutradara asal Korea Selatan, Kim Ki Duk meninggal dunia di Latvia karena komplikasi COVID-19 pada Jumat, 11 Desember. Kabar ini dibagikan media lokal Delfi pada hari yang sama.

Rumah produksi Kim Ki Duk Film juga mengonfirmasi kabar tersebut tetapi tidak memberi tahu dimana pemakamannya.

Menurut Delfi, Kim Ki Duk berada di Latvia sejak 20 November untuk membeli rumah di daerah Jurmala dan memperoleh status residensi.

Pada tahun 2017 dan 2018, namanya disebut dalam gerakan #MeToo di Korea Selatan. Ia dituduh menampar seorang aktris dan memaksakan wanita itu untuk merekam adegan seks di tahun 2017. Ia mengonfirmasi hal tersebut dan membayar denda karena melakukan kekerasan seksual karena tidak ada bukti.

Kim Ki Duk memulai karier perfilmannya melalui film Crocodile di tahun 1996. Sejak itu, namanya mulai dikenal dengan film seperti Spring, Summer, Fall, Winter...and Spring3-IronSamariaPietà, dan lainnya. Kim Ki Duk adalah salah satu penggerak Korean new wave di mana ia adalah orang yang menjadi penggerak industri perfilman Korea Selatan di kancah internasional.

Kim Ki Duk menjadi satu-satunya sutradara Korea yang menerima penghargaan dari tiga festival film internasional: Cannes, Venice, dan Berlin.

Tahun 2018, acara investigasi PD Notebook dari MBC menyebut pelecehan seksual yang dilakukan Kim Ki Duk terhadap seorang aktris. Kim Ki Duk menggugat MBC dan aktris tersebut tetapi ia dinyatakan kalah. Saat itu, karier Kim Ki Duk di Korea Selatan dinyatakan berakhir.

Kim Ki Duk tidak pernah aktif di Korea Selatan dan memilih berkarier di luar negeri. Kim Ki Duk meninggal pada usia 59 tahun.