Bagikan:

JAKARTA - Viggo Mortensen membuat pernyataan mengejutkan. Kata bintang Lord of the Rings itu aktor gay lebih mahal dari aktor straight.

Mortensen melakukan debut penyutradaraan sekaligus membintang film bertajuk Falling. Ia memainkan karakter gay dalam film ini. 

Diceritakan, Mortensen merawat ayahnya yang rasis dan homofobik, diperankan oleh Lance Henriksen, setelah ia mulai menunjukkan gejala demensia.

Menjelang perilisannya, Mortensen berulang kali berbicara tentang siapa yang harus memainkan karakter gay, membela keputusannya untuk mengambil peran itu sendiri.

Dalam sebuah wawancara terbaru dengan The Independent, Mortensen mengatakan dia telah memilih dirinya sendiri untuk peran utama karena itu lebih murah daripada menyewa seorang aktor gay untuk sebuah peran dalam film tersebut. Sebelumnya ia bilang, butuh biaya sekitar 6 juta dolar AS.

“(Saya) tidak akan berpikir untuk menanyakan seseorang apa orientasi seksual atau identifikasi mereka. Saya juga tidak berasumsi bahwa aktor yang diidentifikasi sebagai homoseksual hanya ingin memainkan peran homoseksual," kata dia.

“Saya tidak bermaksud untuk memerankan John, tetapi akhirnya saya memerankannya, karena saya memiliki profil yang cukup tinggi, dan saya juga tidak perlu membayar aktor tersebut,” dia menambahkan.

Dalam hal penulisan peran, lanjut Mortensen, bukanlah semacam aksi untuk menjadi relevan secara politik. Ia hanya merasa, 'Di adegan berikutnya, kita akan bertemu dengan istri. Mungkin itu bukan seorang istri, mungkin itu seorang suami, seperti apakah itu?'

“Dan saya mencoba menulis adegan itu dan saya menyukainya, dan saya menyukai lapisan tambahan yang diberikannya pada hubungan antara John dan ayahnya. Begitulah yang terjadi - secara organik," tutur Mortensen.

Tapi, Mortensen menegaskan, tidak perlu bertanya kepada orang-orang bagaimana mereka memandang diri mereka sendiri. Yang penting baginya adalah orang yang akan melakukan pekerjaan dengan baik dalam peran ini.