Mengenal Bisul Tanpa Mata, Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya Secara Mandiri di Rumah
Ilustrasi mengalami bisul (Freepik/Karlyukaf)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bisul tanpa mata adalah salah satu gangguan kesehatan kulit yang umum ditemui di masyarakat. Gangguan kulit ini disebut juga dengan abses kulit. Disebut “tanpa mata” karena jenis bisul ini tidak memiliki gelembung kulit yang berisi nanah lalu diartikan sebagai mata.

Penyebab Munculnya Bisul Tanpa Mata

Dalam dunia medis, bisul memikiki sebutan pustula. Kemunculan abses kulit ini disebabkan karena adanya bakteri Staphylococcus aureus yang menginfeksi folikel, pori-pori tempat tumbuhnya rambut. Pada umumnya bisul muncul di beberapa tempat seperti di punggung, pantat, paha, ketiak, leher, bahkan wajah.

Kemunculan bisul bisa dipicu oleh banyak hal seperti infeksi kulit setelah bercukur, kebersihan kulit yang tidak terjaga, hingga diabete. Bahkan beberapa sumber mengatakan kemunculan bisul berkaitan dengan kegemukan.

Dikutip dari Detik, dr. Susie Rendra, SpKK dari Rumah Sakit Pondok Indah- Jakarta Selatan mengatakan bahwa ada dua hal terkait korelasi bisul dan kegemukan.

Pertama, seseorang yang obesitas akan mudah berkeringat dan keringat ini akan terjebak di lipatan tubuh. Jika tak menjaga kebersihan kulit, bakteri akan mudah menginfeksi area kulit yang lembap.

Kedua, kulit orang yang mengalami obesitas akan lebih mudah mengalami gesekan baik antarkulit maupun kulit dengan pakaian hingga menyebabkan luka dan infeksi pada kulit.

Gejala Bisul Tanpa Mata

Secara umum kemunculan bisul tanpa mata ditandai dengan adanya benjolan yang ukurannya lebih besar dari jerawat. Ukurannya bahkan bisa sebesar kacang hingga sebesar bola golf. Muncul rasa nyeri pada bejolan dan warnanya ruam merah hingga keunguan.

Pada perkembangannya, di tengah benjolan akan muncul benjolan putih atau mata. Namun berbeda pada bisul tanpa mata. Gejala bisul jenis ini adalah sebagai berikut.

  • Benjolan pada kulit terasa nyeri, saat disentuh terasa hangat, dan makin membengkak.
  • Demam
  • Terasa gatal di sekitaran benjolan

Cara Mengobati Bisul

Tak perlu panik jika Anda mengalami bisul. Anda bisa melakukan beberapa penanganan pertama untuk meredakan gangguan kulit tersebut yakni sebagai berikut.

  1. Kompres air hangat, gunakan kain atau handuk yang dicelupkan ke air hangat lalu tempelkan ke benjolan. Lakukan cara ini selama 10 menit selama beberapa kali dalam sehari. Langkah ini membantu mengurangi rasa nyeri pada benjolan.
  2. Hindari pemencetan bisul baik secara sengaja maupun tidak sengaja karena dikhawatirkan akan memperparah infeksi.
  3. Kenakan pakaian longgar agar tak terjadi gesekan antara bisul dengan kain.
  4. Jaga kebersihan dan lakukan perawatan kulit.

Obat Bisul

Selain melakukan penolongan pertama pada bisul, Anda bisa mempercepat penyembuhan dengan obat bisul yang alami yakni sebagai berikut.

  1. Air Garam Hangat

Air garam akan membantu membunuh bakteri yang ada di sekitar bisul. Untuk melakukannya, ambil air hangat kuku lalu campurkan sedikit garam. Kompreskan dengan handuk yang sudah direndam di air garam hangat pada kulit yang terkena bisul.

  1. Daun Sirih

Daun sirih berfungsi sebagai antiseptik sehingga membantu membunuh bakteri penyebab bisul. Cara mengobati bisul dengan air sirih adalah dengan menumbuk tangkai dan daun sirih lalu oleskan pada bisul.

  1. Antibiotik

Dikutip dari hellosehat, salah satu cara penyembuhan bisul yang dilakukan dokter adalah dengan memberikan antibiotik seperti amoksisilin, ampisilin, doksisiklin, levofloksasin. Namun patut diketahui bahwa pembelian antibiotik harus disertai dengan resep dokter.

Itulah informasi tentang bisul tanpa mata. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.