Memiliki Jari Kaki Lebih dari Biasanya, Kenali 5 Fakta Tentang Kucing Polidaktil
Ilustrasi kucing polidaktil dan jumlah jari kucing (Unsplash/ddyy toto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Polidaktili adalah kelainan pada jari kaki. Kelainan ini ditandai dengan memiliki jari kaki yang jumlahnya lebih dari biasanya. Termasuk dialami pada kucing polidaktil, yang merupakan kelainan genetik tetapi tidak merugikan kesehatan. Bahkan pada beberapa aspek, kucing polidaktil dianggap sebagai pembawa keberuntungan.

1. Apa penyebab kucing polidaktil?

Jumlah jari kaki pada kucing sebanyak 5 pada kaki depan dan 4 pada jari kaki belakang. Polidaktil disebabkan oleh mutasi genetik pada gen dominan dan biasanya menghasilkan pembentukan jari kaki di mana saja. Yang pasti di antara empat hingga tujuh jari kaki pada kaki kucing.

Melansir The Spruce Pets, Rabu, 28 September, cakar depan paling sering terkena polidaktil. Tetapi ada juga kucing yang memiliki polidaktil pada cakar belakang. Pada kondisi yang sangat jarang, kucing memiliki polidaktil pada keempat cakarnya.

2. Polidaktil tidak berbahaya pada kesehatan kucing

Mayoritas kucing polidaktil tidak memiliki masalah kesehatan dan kebugaran. Ini mungkin membuat Anda yang rutin memotong kuku kucing lebih rumit dari biasanya. Tetapi, kucing dengan beberapa jari ekstra banyak yang merasa bahagia dan sehat. Kucing polidaktil paling banyak dialami oleh ras Maine Coon. Hewan peliharaan berbulu panjang ini, habitat alaminya di kawasan dingin.

jumlah jari kucing, kucing polidaktil
Ilustrasi jumlah jari kucing pada kucing polidaktil (Unsplash/Daniel Zopf)

Tetapi penting untuk dicatat, polidaktil berbeda dengan hypoplasia radial. Hipoplasia radial adalah kondisi yang menyebabkan perkembangan jari kaki ekstra. Bedanya dengan polidaktil, jari kaki ekstra dapat berkembang tepat di sebelah jari kaki normal kucing sehingga kaki jadi sangat besar dan rata. Jika kucing dengan hypoplasia radial dibiakkan, dapat menyebabkan kelainan bentuk kaki yang parah.

3. Beberapa kucing polidaktil memiliki mitten paws

Mitten paws atau disebut ‘sarung tangan’ bisa dimiliki kucing polidaktil. Ekstra polidaktil akan terbentuk pada tengah-tengah cakarnya sehingga membuatnya tampak seperti ibu jari atau sarung tangan. Kondisi ini cukup langka, tetapi tidak berbahaya.

4. Kucing polidaktil lebih lihai jaga keseimbangan tubuh

Kucing polidaktili tidak hanya lucu, tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi kucing. Karena memiliki jari lebih, mereka memiliki cakar lebih banyak dan lebih mampu menyeimbangkan tubuh pada berbagai permukaan. Seperti untuk memanjat, berburu, dan menangkap mangsanya.

5. Kucing polidaktil dianggap pembawa keberuntungan

Kucing merupakan hewan pemangsa. Mereka, kucing polidaktil atau kucing pada umumnya dapat membawa keberuntungan bagi pelaut. Kucing polidaktil kerap menemani pelayaran kapal. Alasannya agar mereka dapat berburu dengan lebih lincah dan menjaga persediaan kapal bebas hama tikus.

Seorang sastrawan dunia, Ernest Hemingway menyukai jenis kucing polidaktil. Oleh karena itu kucing dengan jari kaki lebih dari biasanya kerap disebut dengan kucing Hemingway. Di museum dan rumahnya yang terletak di Key West, Florida, saat ini hidup koloni kucing berjumlah 50 ekor yang setengahnya adalah kucing polidaktil.