Angkat Musik 90-an di Album Solo Brand New, Xiumin EXO Puncaki Tangga Lagu iTunes 33 Negara
Xiumin EXO (Twitter.com/weareoneEXO)

Bagikan:

JAKARTA - Xiumin dari grup idola K-pop EXO menafsirkan kembali sentimen musik dari tahun 1990-an dan awal 2000-an dengan gayanya sendiri melalui mini album solo perdana berjudul Brand New. Mini album yang dirilis pada 26 September 2022 itu berisi lima lagu antara lain How We Do, Feedback, Love Letter dan Serenity.

Vokalis-rapper itu mengangkat periode 90-an atau Y2K karena dirinya paling banyak mendengarkan lagu dalam hidupnya. "Aku masih sangat menyukai gaya musik itu, jadi aku ingin membuatnya baru dengan gayaku sendiri," kata Xiumin dikutip dari Yonhap, Rabu, 28 September.

Ketika ditanya tentang perbedaan antara musik dari periode Y2K dan sekarang, dia merasa musik lama untuk didengarkan dengan pikiran. "Musik pada waktu itu relatif sederhana dan membangkitkan banyak emosi sementara mudah untuk didengarkan," ujar dia.

Baru dua hari dirilis, Xiumin EXO menduduki puncak tangga lagu iTunes di 33 negara. Brand New memuncaki wahid tangga lagu iTunes di Indonesia, Kanada, Spanyol, Brasil, Meksiko, Chili, Arab Saudi, Oman, Malaysia, Rusia, Filipina, Singapura, Thailand, Fiji, Peru, Vietnam.

Kemudian di Hong Kong, Kazakhstan, Turki, Afrika Selatan, India, Nigeria, Rumania, Polandia, Argentina, Uni Emirat Arab, Laos, Taiwan, Kolombia, Sri Lanka, Panama , Azerbaijan dan Norwegia.

Brand New juga menduduki puncak berbagai tangga album harian domestik di Korea Selatan termasuk Hanteo Chart dan Synnara Record. Sementara itu, lagu utama Xiumin Brand New naik ke peringkat pertama di tangga lagu realtime AWA di Jepang.