Mengenal Jenis Ikan Koi Lokal dan Cara Membendakkannya dengan Koi Impor
Ilustrasi Ikan Koi (Photo by Alejandro Aro on Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ikan koi menjadi salah satu jenis ikan yang banyak dicari untuk pelihara. Ikan koi biasanya digunakan untuk hiasan rumah di kolam. Ada dua jenis ikan koi, yaitu koi lokal dan koi impor. Para pecinta koi pasti sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Namun masih banyak orang yang belum mengetahuinya.

Ikan koi lokal adalah sebutan bagi jenis ikan koi yang dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Ikan koi lokal sebenarnya tidak berbeda signifikan dari koi impor. Ikan koi lokal merupakan anakan atau generasi kesekian kalinya dari ikan koi import yang didatangkan dari luar negeri. 

Sementara itu ikan koi impor adalah sebutan untuk ikan koi yang didatangkan dari luar negeri. Jepang menjadi negara yang menghasilkan koi berkualitas bagus. Umur ikan koi di Jepang bahkan bisa mencapai 200 tahun. Itulah mengapa ikan koi menjadi salah satu hewan yang memiliki umur panjang. 

Perbedaan Ikan Koi Lokal dan Impor

Ikan koi lokal dan impor memiliki kualitas yang sama bagusnya. Kualitas ikan koi ditentukan dari perawatan yang dilakukan oleh pemiliknya. Berikut ini beberapa perbedaan ikan koi.

Harga

Ikan koi lokal umumnya dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan ikan koi impor. Koi lokal dibanderol dengan harga lebih terjangkau karena biaya produksi dan distribusinya lebih sedikit dibanding koi import.

Warna

Salah satu cara membedakan ikan koi lokal dan impor yakni dari segi warnanya. Warna ikan koi lokal akan semakin memudar, terutama pada warna putihnya. Sementara warna ikan koi impor masih kuat atau cerah. Perbedaan warna baru terlihat ketika ikan sudah berukuran lebih dari 50 cm. 

Mata 

Ikan koi impor memiliki mata dengan ukuran lebih besar dari koi lokal. Matanya seperti timbul keluar dari kepalanya. Bola mata koi impor juga lebih besar dibanding koi lokal, sehingga tampak menarik.

Bentuk

Ikan koi lokal memiliki bentuk tubuh yang sedikit membulat. Perutnya juga tampak sedikit buncit. Sementara koi impor memiliki bentuk tubuh yang memanjang. 

Mulut

Ikan koi impor memiliki mulut yang bentuknya menjorok ke bawah. Sementara ikan koi lokal memiliki bentuk mulut yang menjorok agak ke depan. Perbedaan bentuk mulut disebabkan oleh faktor lingkungan dan jenis pakan. 

Jenis Ikan Koi Lokal

Koi lokal memiliki beberapa ciri-ciri seperti, ukuran dewasa lebih kecil, tidak berpunuk, lebih cepat matang dan bertelur, dan warna cepat pudar. 

Ikan Koi Sanke

Ikan koi jenis Thaiso Sanke mulai dibudidayakan dan dikenalkan oleh Jepang pada tahun 1912. Jenis koi ini mudah dibudidayakan karena cara pemijahannya tidak sulit. Koi ini memiliki tiga warna dengan dua corak. 

Ikan ini memiliki warna dasar putih dengan corak merah dan hitam di badan dan kepala. Koi Thaiso Sanke dibanderol dengan harga Rp250.000-Rp350.000 per ekor.

Ikan Koi Goromo

Ikan koi Goromo merupakan hasil persilangan antara koi Kohaku dengan koi Asagi. Ciri-ciri ikan ini yakni terdapat corak seperti bulat berwarna hitam keungu-unguan pada bagian atas tubuhnya. 

Ikan koi Goromo memiliki 4 varian warna, yaitu biru, ungu, indigo, dan hitam. Ikan ini dijual dengan harga Rp400.000-Rp450.000 per ekor.

Ikan Koi Ogon

Ikan koi gon yang populer disebut golden ogon memiliki warna kuning keemasan. Ikan ini ditemukan oleh seorang petani pada tahun 1946. Koi ini merupakan hasil persilangan dari koi punggung berwarna kuning dengan koi Shiro-Fuji. Ikan koi Ogon dijual dengan harga kisaran Rp1.400.000-Rp1.600.000 per ekor. 

Ikan Koi Kawarimono

Ikan Kawarimono merupakan hasil persilangan atau hibrid. Ada 4 varian jenis dari kawarimono yang pertama, yaitu Karasugoi, Kigoi, Chagoi, dan Midorigoi. Harga ikan koi jenis ini dibanderol sekitar Rp300.000-Rp500.000.

Ikan Koi Shori Bekko

Ikan koi Shiro Bekko memiliki karakteristik warna dasar putih susu dan corak tutul-tutul hitam kebiruan. Ikan jenis ini cukup banyak diminati pecinta koi karena warnanya yang menarik. Ikan koi ini dijual dengan harga kisaran Rp700.000-Rp800.000 per ekor. 

Itulah jenis ikan koi lokal dan perbedaannya dengan koi impor. Pada dasarnya tidak ada perbedaan dari keduannya karena sama-sama generasi dari luar negeri. Yang paling penting dalam kualitas koi adalah perawatannya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.