Bagikan:

YOGYAKARTA – Bahasa tubuh merupakan komunikasi non verbal yang tanpa disadari bisa memengaruhi orang lain. Baik lewat pandangan sekilas atau gerakan yang spesifik ternyata memengaruhi pikiran meski kadang sama sekali tak disadari. Pernahkah melihat atau melakukan enam bahasa tubuh ini?

1. Menggerakkan alis

Ketika alis terangkat seolah sedang mengatakan ‘hai’. Jika Anda menaikkan alis kepada orang lain, mungkin mereka berpikir kalau mengenal Anda.

2. Pupil mata melebar

Ketika seseorang tertarik pada suatu hal, baik orang tercinta atau objek tertentu, pupil mata cenderung melebar. Ini merupakan isyarat ocular non verbal yang sangat halus sehingga kemungkinan tidak terdeteksi. Namun penelitian telah menunjukkan bahwa jika orang-orang memperlihatkan foto seseorang yang menarik, mereka akan tersenyum dengan pupil mata melebar. Ini menandai bahwa orang dalam foto tersebut menarik.

3. Gerakan tangan

Disebut sebagai gerakan persuasif, ketika tangan bergerak ketika berbicara, maka dianggap positif bagi orang yang melihatnya. Respons dan anggapan positif ini dibuktikan dalam penelitian, dilansir Psychology Today.

bahasa tubuh yang memengaruhi orang lain
Ilustrasi bahasa tubuh yang memengaruhi orang lain (Freepik/nakaridore)

4. Isyarat kedekatan

Bahasa tubuh yang mengisyaratkan kedekatan, antara lain kontak mata, tubuh condong ke arah orang yang dekat, dan memberikan isyarat ke arah mereka ketika berbicara. Beberapa dekade penelitian yang mengeksplorasi mengenai bahasa tubuh ini, menunjukkan bahwa isyarat kedekatan ini menciptakan perasaan positif dan sangan penting untuk hubungan intim yang berkualitas.

5. Sentuhan halus

Seperti berjabat tangan, menepuk punggung, dan dengan lembut menyentuh merupakan gerakan yang dirancang untuk membangun koneksi. Bentuk sentuhan ini sering digunakan dalam ekspresi memberi salam. Tetapi sentuhan yang halus, bisa juga menandai sedang menggoda. Misalnya, mengelus lembut tangan, menyentuh lulut, duduk bersama.

6. Gerakan kepala

Tidak hanya gerakan kepala, berbicara secara bebas, dan cepat tanpa melakukan kesalahan, merupakan isyarat bahwa seseorang tampak dipercaya atau jujur. Bahkan ada anggapan seseorang melakukannya karena ramah dan menyenangkan.

Selain gerakan kepala, ekspresi wajah positif juga menunjukkan kejujuran. Apa saja ekspresi wajah positif? Di antaranya adalah tersenyum dan mata terbuka lebar.