Untuk Jadi Orang Sukses, Pastikan Kamu Memiliki 4 Pola Pikir Ini dalam Hidup
Ilustrasi (Rodnae Production/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Memiliki pola pikir yang tepat sangat menolong dalam menjalani lika liku kehidupan. Pola pikir membantu Anda menentukan sikap, keyakinan, bahkan mendorong Anda meraih pencapaian-pencapaian besar dalam hidup. Melansir Psychology Today, Rabu, 14 September, berikut empat pola pikir dasar yang perlu diasah jika Anda ingin mendapat kesuksesan dalam hidup.

Pola Pikir Berkembang

Pola pikir berkembang adalah kecenderungan orang untuk percaya bahwa kemampuan mereka dapat dikembangkan melalui kerja keras. Dengan memiliki pola pikir ini, Anda dapat berusaha lebih keras, ingin mempelajari strategi baru, dan mencari jalan keluar saat buntu. 

Pola pikir berkembang merupakan jenis pola pikir yang paling banyak dipelajari. Pola pikir ini sering dikaitkan dengan kesuksesan di berbagai lini kehidupan. Salah satu cara untuk mengembangkan pola pikir berkembang adalah dengan banyak mempelajari tentang neuroplastisitas atau kemampuan otak untuk berubah dan tumbuh. 

Ya, manusia memiliki kekuatan untuk mengubah otak dengan cara mempelajari hal-hal dan mengembangkan keterampilan baru. Ketika Anda memiliki pola pikir ini, kemungkinan besar Anda akan mengerahkan upaya untuk belajar tumbuh sehingga dapat meningkatkan kehidupan dalam banyak cara.

Pola Pikir Positif

Pola pikir positif adalah kecenderungan untuk fokus pada hal-hal baik dalam hidup daripada yang buruk. Orang dengan pola pikir positif menggunakan strategi seperti bersyukur, lebih mengidentifikasi hal-hal baik, dan meningkatkan emosi positif mereka. Sikap mereka umumnya optimis dan cenderung mengharapkan yang terbaik. Pola pikir positif bisa menjadi hal yang bagus untuk kesejahteraan dan bahkan membantu menjadi lebih sukses.

Pola Pikir Entrepreneur

Pola pikir entrepreneur membantu Anda yang ingin menjadi wirausahawan, tetapi juga merupakan pola pikir yang sangat berguna di dunia modern saat ini. Kehidupan modern sedang mengalami perubahan yang hampir konstan. Dan jenis keterampilan yang dibutuhkan untuk berwirausaha cocok diterapkan saat ini. Kemampuan tersebut seperti mengelola risiko, kreatif serta inovativ, berpikir kritis, inisiatif, komunikasi, berorientasi pada masa depan, mengenal kesempatan, dan fleksibel.

Pola Pikir Tantangan

Pola pikir tantangan diperkirakan muncul dalam situasi seperti mengerjakan ujian, bermain game, perlombaan dan melakukan deadline kantor. Anda dapat mengevaluasi situasi ini sebagai tantangan yang dapat ditangani atau ancaman yang dapat mengalahkan Anda. Pola pikir ini menuntut Anda mengevaluasi situasi dan menggunakan kemampuan Anda dalam mengatasi masalah dalam situasi tersebut.

Dengan mendorong diri melihat keadaan sulit sebagai tantangan untuk ditangani, dengan sendirinya persepsi Anda terhadap situasi sulit akan berubah menjadi hal baik dan bermanfaat untuk kemajuan diri. Selain itu, pola pikir tantangan juga dapat mengubah fisiologi manusia dengan cara yang dapat membuat berhasil menyelesaikan tugas.