Beside Permak Ulang Lagu-Lagu Lama dalam Format Akustik: Album <i>Almighty God</i> Megah di Semua Lini
Beside (Dok. Beside)

Bagikan:

JAKARTA - Gerombolan metal yang berbasis di Bandung, Beside, merilis album anyar bertajuk Almighty God via Exterminator Records pada 2 September kemarin. Album ini berisi sembilan komposisi musik metal yang dipermak ulang ke dalam format akustik.

Menurut keterangan resmi yang diterima VOI, Minggu, lagu-lagu dalam Almighty God merupakan pilihan dari materi lawas dalam album Against Ourselves (2007) dan Eleven Heroes (2015) yang lantas mereka gubah.

Drumer Beside, Achmad Rustandi - akrab dipanggil Beby - mengungkap, peluncuran album ini sesungguhnya merupakan bentuk dedikasi mereka kepada scene metal menjelang usia band yang ke-25 tahun.

"Sekaligus kami ingin mengolah pikiran dan memancing otak untuk bekerja membuat sesuatu yang terbaik. Inspirasi terbesarnya memang dari perjalanan Beside yang sudah sangat panjang. Karena banyak hal yang telah kami lalui bersama selama ini,” beber Beby.

Materi musik metal berbalut format akustik sebelumnya banyak dikenalkan oleh berbagai band cadas di luar sana. Sebut saja seperti Opeth, Anathema, Paradise Lost, Swallow The Sun, dan banyak nama lainnya.

Lantas, apakah Almighty God bisa disebut sebagai album metal pertama yang berformat akustik di Indonesia?

“Mudah-mudahan seperti itu. Tapi saya biarkan publik sendiri saja yang mencari sumbernya dan memutuskan hal tersebut...” ucap Beby singkat.

Semua tembang dalam album Almighty God dibangun dalam tempo sedang yang memikat. Berlimpah petikan gitar yang syahdu sekaligus melodius. Dijaga oleh dentum bass dan drum yang kokoh.

Menawarkan suara vokal yang jernih memadukan gaya growl dan clean yang semakin bernyanyi. Diselimuti bebunyian orkestra, string dan koor vokal di sekujur bagian. Semua elemen tadi membuat materi Almighty God terdengar makin epik dan megah di semua lini.

Album Almighty God juga menandai kembalinya vokalis lama mereka, Agung Suryana alias Agrog, yang sempat keluar dari Beside.

Informasi tersebut sudah dikabarkan sebelumnya ketika Beside merilis lagu Spirit In Black sebagai single perdana, pada 19 Agustus yang lalu.