Bagikan:

JAKARTA - God Bless meluncurkan album terbaru bertajuk Anthology 50th Anniversary dalam rangka menyambut usia emasnya. Album ini berisikan 11 lagu terbaik yang pernah dirilis sebelumnya, serta satu judul lain yang merupakan nomor instrumental berisikan medley karya hits mereka.

Dalam acara launching album tersebut di Bentara Budaya Jakarta, Rabu, 21 Juni, para personel God Bless, yakni Achmad Albar (vokal), Ian Antono (gitar), Donny Fattah (bass), Abadi Soesman (kibor), dan Fajar Satritama (drum) hadir untuk menjelaskan album terbarunya kepada awak media.

Berbeda dari album lainnya, album Anthology menghadirkan konsep musik rock yang dipadukan dengan orkestra yang megah. Ian Antono mengatakan bahwa ide memadukan musik rock dengan orkestrasi musik klasik didapat dari apa yang telah dilakukan banyak band dan musisi rock lain di dunia. Tidak hanya itu, God Bless juga menginginkan sesuatu yang berbeda dalam perayaan 50 tahun ini.

“Idenya itu muncul ketika melihat setiap band yang udah sukses di luar sana, jalan terakhir yang mereka tempuh adalah membuat lagu yang diiringi oleh orkestra,” kata Ian Antono.

Lebih lanjut, Fajar Satritama mengatakan, pemilihan lagu dalam album ini juga melibatkan Tohpati yang bertindak sebagai produser.

“Awalnya, ide dasar dari Mas Ian memang kita pengin bikin album yang diiringi dengan orkestra. Kemudian kita berpikir, setiap album lagu mana aja yang akan diambil. Pemilihan lagunya juga melibatkan Tohpati,” ujar Fajar.

Sementara itu, Tohpati yang juga menggarap elemen orkestra pada seluruh lagu di album Anthology, menggandeng Czech Symphony Orchestra untuk terlibat.

“God Bless mungkin sudah main sama seluruh orkestra yang ada di Indonesia. Untuk merayakan anniversary yang ke-50 ini, saya rasa harus kasih sesuatu yang spesial, makanya saya pilih Czech Symphony Orchestra,” kata Tohpati.

Sementara itu, Denny MR selaku perwakilan manajemen God Bless menambahkan bahwa album Anthology yang saat ini sudah bisa didengarkan lewat platform digital, juga akan hadir dalam bentuk fisik, mulai dari piringan hitam, compact disc (CD), hingga kaset.

Tidak berhenti sampai di situ, God Bless juga akan menggelar konser 50 Tahun God Bless with Tohpati Orchestra pada 10 November 2023 di Istora Senayan, Jakarta Pusat.