Kolaborasi Asian Film Awards Academy dan Balinale Hadirkan 6 Film Hongkong untuk Asian Cinerama
Film Shadows (Foto: imdb)

Bagikan:

JAKARTA - Bali International Film Festival (Balinale) kembali kolaborasi dengan Asian Film Awards Academy (AFAA) di penyelenggaraan tahun kedua. Kolaborasi tahun ini ditujukan untuk memperkuat kegiatan promosi sinema Asia agar lebih dekat kepada penontonnya. Sebagai bentuk kerjasama, 6 film Hongkong akan diputar di Asian Cinerama.

Program Asian Cinerama didukung oleh Create Hong Kong (CreateHK) dan Film Development Fund (FDF). Bertajuk Asian Cinerama — Hong Kong Focus, acara akan berlangsung dari Kamis 15 September hingga Minggu 18 September 2022, Plaza Indonesia XXI, Jakarta.

Untuk tahun ini, Asian Cinerama menghadirkan enam (6) rilisan mutakhir sinema Asia dari sutradara muda mapan dan menjanjikan. Berikut film cerita (feature film) yang hadir di AFAA 2022:

1. SHADOWS (2020) Sutradara: Glenn Chan

Menceritakan tentang seorang psikiater forensik dengan kekuatan khusus. Ia mampu melihat ke dalam pikiran bawah sadar seorang pekerja sosial yang telah membunuh keluarganya dan Ia mencoba bunuh diri.

2. MADALENA (2021) Sutradara: Emily Chan

Di kota Makau. Mada, seorang pekerja pemakaman yang menderita amnesia, bekerja paruh waktu sebagai sopir taksi. Suatu malam, dia mengantar Lena, dari obrolan keduanya terjalin persahabatan dan pada akhirnya berkembang memberi warna dalam kehidupan Mada.

3. ANITA (2021) Sutradara: Longman Leung

Ratu Canto-pop Hong Kong, Anita Mui menjadi ikon budaya industri musik dan film Hong Kong di tahun delapan puluhan dan sembilan puluhan. Karir Anita berawal saat ia berusia empat tahun. Seluruh hidupnya didedikasikan untuk musik.

4. TABLE FOR SIX (2022) Sutradara: Sunny Chan

Mungkin makanan menyatukan keluarga, tetapi dalam film komedi melodramatis ini jelas bahwa tidak semua pertemuan keluarga menjadi alasan untuk merayakannya. Di Table for Six, bagaimana cerita tiga bersaudara yang tinggal bersama dalam rumah warisan orangtua.

5. CHILLI LAUGH STORY (2022) Sutradara: Coba Cheng

Satu keluarga menyadari bahwa rutinitas kerja dari rumah pasca-COVID19 bisa membuat mereka gila. Hingga sambal buatan ibu mereka menjadi sensasi bisnis online.

6. RAGING FIRE (2021) Sutradara: Benny Chan

Bong adalah polisi yang sangat dihormati dengan sejarah panjang keberhasilan dalam kasus-kasus berbahaya. Namun, masa lalunya segera kembali menghantuinya ketika mantan anak didiknya berusaha membalas dendam terhadap semua orang yang telah berbuat salah padanya.

Semua film ditayangkan dalam bahasa Kanton/Mandarin asli dengan subtitle bahasa Indonesia dan Inggris.

"Merupakan suatu kehormatan besar menjadikan SHADOWS sebagai pilihan film pembuka untuk Asian Film Awards Academy's Asian Cinerama, Jakarta. Sangat menyenangkan dan luar biasa film saya digunakan untuk mengawali pemutaran film-film Hong Kong. Film ini merupakan debut penyutradaraan saya. Menyenangkan karena sebagian besar masa kecil saya terbiasa menyaksikan film-film Hong Kong klasik. Sekarang, saya bisa menjadi salah satu pembuatnya," ujar sutradara Glenn Chan saat dihubungi Selasa, 30 Agustus.

Lebih dari seribu penggemar film dan profesional industri diharapkan menghadiri program empat hari pemutaran film-film yang dikurasi secara khusus. Film-film yang mampu memberikan hiburan kepada penonton melalui kombinasi berbagai macam genre mulai dari thriller, laga, drama, dan komedi keluarga. Hal ini yang menjadikan Asian Cinerama sebagai program kolaborasi pertama dalam Road to Balinale 2023.