Cerita Michaela Pavlatova Jadi Sutradara <i>My Sunny Maad</i>, Film Panjang Pertamanya
Michaela Pavlatova (Foto: tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - My Sunny Maad menjadi salah satu film yang mendapat nominasi Golden Globes untuk kategori Best Motion Picture - Animated Category. Film ini merupakan hasil produksi tiga negara sekaligus.

Sutradara Michaela Pavlátová mengungkap banyak hal spesial yang ia alami selama produksi film ini. Apalagi My Sunny Maad merupakan film panjang pertamanya.

Film ini diadaptasi dari novel berjudul Frista yang ditulis Petra Procházková. Kemudian naskahnya ditulis Ivan Arsenyev dan Yaël Giovanna Lévy.

“Saya sudah banyak membuat film animasi pendek kemudian saya menemukan novel yang berkenaan dengan perasaan saya,” cerita Michaela dalam sesi premiere My Sunny Maad di Klikfilm pada hari ini, Sabtu, 27 Agustus.

Di sisi lain, Michaela merasakan beberapa tantangan kala membuat film ini. Pasalnya ia selama ini terbiasa menulis cerita pendek untuk film animasi.

“Awalnya saya ingin menulis naskah sendiri tapi sulit. Pikiran saya seperti sudah terbuat untuk film pendek. Ketika saya membaca novelnya saya merasa dekat dengan karakter,” jelas Michaela.

“Saya memutuskan ketika mengadaptasi buku ke film, lupakan buku asli karena terkadang ada hal yang perlu disimplifikasikan dalam format film,” ceritanya.

Proses produksinya dibuat selama enam tahun dan secara daring. Ia melakukan casting dengan online bersamaan dengan para aktor dari Afghanistan.

“Semua materi sudah ada di internet jadi saya punya banyak materi dan saya berkonsultasi dengan Petra dan akhirnya terjadi,” katanya.

Selain itu, Michaela terharu kala mendengar para aktor meminta izin datang terlambat karena mereka mengetahui ada bom yang ditempel di mobil dan lainnya.

“Alasan itu seperti saya ketika minta izin terlambat karena perjalanan macet dan sebagainya. Tapi saya menyadari di Afghanistan jauh lebih berat dari apa yang saya bayangkan,” kata Michaela.

Film My Sunny Maad menceritakan Herra, wanita asal Ceko yang jatuh cinta dengan Nazir, pria asal Afghanistan. Ia tidak tahu apa yang terjadi di Afghanistan setelah Taliban dan keluarga tempat ia bergabung nanti.

Film My Sunny Maad bisa disaksikan secara eksklusif dengan berlangganan.