Review Film <i>Drive My Car</i>: Mendalami Perspektif tentang Kehilangan
Drive My Car (Bitters End)

Bagikan:

JAKARTA - Film Drive My Car menjadi sorotan setelah mencatat rekor sebagai film Jepang pertama yang dinominasikan untuk Best Picture di Piala Oscar 2022.

Setelah kemenangan film asal Korea Selatan berjudul Parasite, yang sukses meraih penghargaan pada ajang Oscar 2020, kali ini Asia kembali memberikan film terbaik di ajang Oscar 2022. Drive My Car meraih empat nominasi Oscar, termasuk kategori Best Picture, Best Director, Best Adapted Screenplay, dan Best International Film.

Film drama Jepang tahun 2021 ini ditulis dan disutradarai oleh Ryusuke Hamaguchi dan merupakan adaptasi dari salah satu judul di dalam cerita pendek karya penulis Haruki Murakami, berjudul Men Without Women.

Film ini berkisah tentang kehidupan seorang aktor dan sutradara panggung yang terkenal, Yusuke Kafuku (Hidetoshi Nishijima). Sepulang bekerja, ia menemukan istrinya, Oto Kafuku (Reika Kirishima), sudah pingsan hingga kemudian dinyatakan meninggal akibat pendarahan otak. Hidupnya yang semula damai, kemudian berubah.

Di awal, penonton langsung disajikan adegan ranjang dengan narasi indah yang disuarakan Oto. Keduanya saling memadu kasih dalam gelap. Sepertinya, sutradara ingin memberi tahu keintiman dari pasangan tersebut.

Cerita dalam flm ini berjalan dengan dinamis, bahkan seringkali lambat. Dengan jelas memperlihatkan scene demi scene di mana masing-masing karakter berbicara mengenai apa yang telah mereka alami. Seperti Misaki yang menjelaskan tentang ibunya, atau pada saat Koji menceritakan tentang bagaimana ia mengenal Oto.

Tidak ada flashback maupun adegan yang menggambarkan masa lalu. Hamagachi fokus pada penggambaran melalui dialog yang dilakukan oleh karakternya. Bagaimana setiap tokoh menceritakan persepsi mereka atas kejadian-kejadian yang menimpa mereka.

Durasi yang mungkin sangat panjang dalam film Drive My Car menawarkan visual yang memesona, karakter yang rapuh dan tegar, dan penceritaan yang lambat namun tegas menggali lebih dalam tentang persepsi yang berbeda-beda tentang kehilangan dan bagaimana cara melewatinya.

Anda dapat menonton Drive My Car secara legal lewat platform streaming KlikFilm mulai 2 Maret 2022.