Viral Video Seorang Ibu Mengusir Olvah Alhamid dari Papua, Ini yang Sebenarnya Terjadi
Olvah Alhamid (Foto: Savic Rabos, DI: Raga/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Olvah Alhamid mudik ke Papua untuk menghadiri beberapa kegiatan bersama Pemerintah Provinsi Papua Barat. Olvah tiba di Bandara Rendani Manokwari pada Sabtu, 6 Agustus pukul 13.30 WIT.

Selain menjadi narasumber, Olvah juga melakukan kegiatan sosialisasi untuk kekerasan gender. Namun, rupanya ada seorang ibu yang tak suka dengan kehadirannya. Dalam video yang beredar, Olvah terlihat dimaki dan diusir oleh perempuan di sebuah daerah di Papua barat.

"Ko bilang kami orang Papua goblok to, ko yang goblok baru. Ko tidak layak di sini, ko pergi dari sini!" kata perempuan tersebut menunjuk Olvah.

Mendengar hal tersebut, Olvah langsung masuk ke dalam mobil. Olvah pun tidak menghiraukan perkataan perempuan tersebut.

Ketika dihubungi, Olvah menjelaskan bahwa pemberitaan dirinya diusir adalah sebuah kesalahan. "Video tersebut benar. Tapi konteks pemberitaannya tidak benar. Sebenarnya bukan ibu-ibu, tapi cuma satu ibu saja yang mengikuti saya terus sambil teriak-teriak. Karena dari bawah ke atas mengikuti akhirnya ada yang videokan lantas viral," ujar Olvah.

Masyarakat di lokasi, lanjutnya, tidak keberatan dengan kehadiran Olvah. Olvah dikenal sebagai salah satu warga Papua yang tidak setuju dengan gerakan Papua Merdeka. "Nah berdasarkan laporan yang saya terima di lapangan, ibu itu sepertinya tidak terima karena saya cinta NKRI. Karena saya public figure yang diharapkan menyuarakan aspirasi mereka untuk merdeka. Tapi buat saya NKRI harga mati," jelasnya.

Olvah Alhamid segera meninggalkan tempat karena sudah ditunggu kehadirannya di acara lain. "Saya meninggalkan tempat karena acara memang sudah selesai. Dan panitia meminta saya naik mobil segera karena sudah ditunggu untuk acara berikutnya di tempat yang berbeda," tegasnya.