Chia Seed, Biji-bijian yang Punya Manfaat Baik bagi Kesehatan
Ilustrasi (Charlote May/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Meskipun dengan ukurannya yang kecil dan sekilas tampak seperti biji selasih, chia seed dan selasih berasal dari tanaman yang berbeda. Chia seed ini berasal dari tanaman Salvia Hispanica yang merupakan salah satu jenis tanaman mint.

Chia seed biasanya tumbuh dan banyak ditemukan di daerah Amerika Tengah. Chia seed memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, salah satunya adalah kandungan omega 3 dan omega 6, serta sejumlah vitamin, mineral, fosfor, selenium, kalium, zat besi, dan magnesium. Berikut ini adalah beberapa kandungan dari chia seed yang baik untuk tubuh Anda dilansir dari Alodokter.

Mengurangi radikal bebas

Antioksidan yang ditemukan dalam biji chia dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh Anda. Radikal bebas menyebabkan stres oksidatif dan kerusakan sel. Makan makanan yang kaya antioksidan dapat membantu mengurangi risiko terkena banyak masalah kesehatan yang terkait dengan radikal bebas. Termasuk penyakit jantung, penurunan kognitif, dan jenis kanker tertentu.

Memperbaiki kesehatan jantung

Biji chia mengandung quercetin, antioksidan yang dapat mengurangi risiko terkena beberapa gangguan kesehatan, termasuk penyakit jantung. Bijinya juga tinggi serat, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Peningkatan Kadar Gula Darah

Biji chia mengandung serat tinggi. Studi menunjukkan bahwa serat dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan meningkatkan kadar gula darah, mengurangi risiko sindrom metabolik dan diabetes tipe 2. Penelitian juga menemukan bahwa roti yang mengandung biji chia memicu respons gula darah yang lebih rendah daripada roti tradisional yang membuat kadar gula darah tinggi.

Mengurangi Peradangan

Peradangan kronis dapat menyebabkan kondisi kesehatan seperti penyakit jantung dan kanker. Asam caffeic, antioksidan yang ditemukan dalam biji chia, dapat membantu melawan peradangan dalam tubuh. Konsumsi biji chia secara teratur pun membantu mengurangi penyakit inflamasi yang disebabkan oleh peradangan.

Menstabilkan berat badan

1 ons biji chia memiliki 39 persen serat harian yang direkomendasikan. Serat dalam bijinya menyerap air, menyebabkannya mengembang di perut Anda dan meningkatkan rasa kenyang saat Anda mengonsumsinya. Membuat Anda merasa lebih kenyang meski makan lebih sedikit, biji chia dapat membantu mempertahankan berat badan ideal.