5 Jenis Superfood Paling Sehat yang Bisa Dikonsumsi Untuk Menangkal Virus COVID-19
Ilustrasi (Maddi Bazzocco/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi ini, Anda perlu meningkatkan sistem imun dengan berbagai makanan sehat. Menurut Harvard Health Publishing, dikutip dari Healthline, Rabu, 7 Juli, diet yang bernutrisi juga dapat menurunkan resiko darah tinggi, sakit jantung, diabetes, hingga berbagai macam kanker. Ingin tahu deretan makanan paling efektif untuk mendapat banyak nutrisi dan mineral? Berikut 5 jenis superfood paling sehat yang wajib ada di rumah untuk dikonsumsi secara rutin.

Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan katekin dan kandungan polyphenolic yang dapat menangani masalah inflamasi. Kandungan katekin dalam teh hijau dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung, diabetes, hingga kanker. Melansir Healthline, berbagai riset telah membuktikan bahwa kombinasi katekin dan kafein dalam teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi secara rutin.

Bawang putih

Penyedap makanan ini juga memiliki segudang nutrisi, mulai dari manganese, vitamin C, vitamin B6, selenium, hingga serat. Menurut situs Healthline, riset membuktikan bahwa bawang putih dapat menurunkan resiko kanker, kolestrol, tekanan darah, hingga menyehatkan sistem imun. Cocok dikonsumsi di saat-saat seperti ini, bukan?

Avokad

Buah yang kaya akan lemak jenuh dan asam oleic ini mampu menurunkan inflamasi dalam tubuh. Ditambah lagi, avokad kaya akan serat, vitamin, mineral, dan berbagai lemak sehat sehingga mengonsumsi buah ini dapat menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Sebaiknya Anda coba untuk membiasakan diri mengonsumsi avokad tanpa tambahan perasa. Sebab jika avokad dicampur dengan susu atau gula, akan menghilangkan manfaatnya.

Jahe

Sejak pandemi virus corona melanda, jahe menjadi bahan yang semakin sering dicari karena memiliki sejumlah manfaat, Jahe mengandung antioksidan gingerol yang kaya nutrisi, juga ampuh mengatasi sakit mual dan penyakit kronis akibat inflamasi. 

Sayuran hijau

Sayur dan dedaunan hijau seperti bayam, kale, dan kol hijau termasuk dalam golongan superfood. Mengapa? Sayuran tersebut merupakan sumber vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium, serat, dan phytochemicals yaitu zat kimia yang diproduksi oleh tanaman dan berdampak baik terhadap kesehatan. Selain itu, sayuran hijau juga dapat menangkal penyakit kronis dan memiliki properti anti-inflamasi yang melindungi Anda dari penyakit kanker.