Bagikan:

JAKARTA - Sepekan sejak perilisan, brand skincare Hailey Bieber - Rhode - mendapat gugatan hukum. Ia disebut melakukan pelanggaran merk dagang oleh sebuah brand fashion bernama sama.

Pada 15 Juni lalu, Hailey Bieber meresmikan brand skincare bernama Rhode. Ternyata brand fashion bernama Rhode sudah memiliki nama itu sejak tahun 2014.

Melansir Page Six, pihak legal Rhode mengklaim Hailey Bieber mencoba mendapatkan merk dagang itu dari pemilik brand fashion Rhode: Purna Khatau dan Phoebe Vickers di tahun 2018.

Meski Purna dan Phoebe menolaknya, Hailey Bieber tetap melanjutkan proses pembuatan brand skincare dengan nama Rhode. Diketahui Rhode adalah nama tengah Hailey Bieber.

“Dia (Hailey Bieber) tetap melakukan ini meskipun tahu Rhode dan merk dagang,” kata Lisa T. Simpson, konsel litigasi Rhode pada hari ini, Rabu, 22 Juni.

“Ini adalah keadaan yang tidak menguntungkan. Kami, tentunya, mengerti Hailey ingin memakai nama tengah untuk brandnya tapi hukumnya jelas: Anda tidak bisa membuat kebingungan hanya karena ingin menggunakan nama Anda,” lanjutnya.

Simpson menjelaskan, apa yang dilakukan Hailey Bieber merugikan dua pemilik brand Rhode yang merupakan seorang minoritas.

Pada pernyataan berbeda, dua pemilik brand fashion Rhode merasa dipaksa untuk menggugat brand Hailey demi menjaga bisnis mereka.

“Kami adalah perusahaan muda dan berkembang, dan kami tidak bisa melawan selebriti seperti Hailey yang menggunakan nama perusahaan kami untuk menjual produk serupa,” kata mereka.

“Hailey punya kuasa menjadi bintang dan bisnis. Dia bisa memilih brand untuk perusahaannya. Kami hanya punya brand yang kami bangun sendiri,” lanjutnya.

Bukan rahasia baru jika Hailey Bieber berniat untuk membuat bisnis. Pada tahun 2019, ia sempat mengajukan merk dagang dengan nama Bieber Beauty namun ditolak lantaran kata Bieber sudah didaftarkan atas nama Justin Bieber, suaminya.

Kemudian, Hailey Bieber mengajukan nama Rhode pada tahun 2018 namun ditolak karena pada tahun 2014, sudah ada brand fashion bernama sama yang didirikan Purna dan Phoebe. Hingga saat ini, pihak Hailey Bieber sendiri belum merespons gugatan yang disampaikan pendiri Rhode.