Patut Dicoba, Ini 6 Fungsi dan Kegunaan Concealer untuk Merias Wajah
Ilustrasi fungsi dan kegunaan concealer (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Produk makeup dengan ukuran kecil, concealer, cukup serbaguna untuk merias wajah. Concealer bisa digunakan untuk berbagai manfaat, seperti menyembunyikan mata panda, bintik-bintik penuaan, bekas jerawat, dan lainnya.

Berikut sejumlah kegunaan dari concealer untuk riasan sehari-hari ataupun acara khusus yang Anda akan hadiri.

1. Mengaburkan garis-garis halus

Garis halus yang muncul seiring bertambahnya usia, itu alami. Jika Anda merasa kurang percaya diri karena tanda penuaan tersebut, bisa ditutup dengan trik tepat memakai concealer. Cara mengaplikasikannya, oleskan di beberapa titik di bawah mata dan tepuk lembut dengan jari manis agar membaur ke kulit. Dengan begitu, tekstur garis akan lebih lembut.

2. Membuat kontur

Efek contouring yang didambakan, seperti membuat wajah lebih tirus, hanya perlu membutuhkan beberapa sapuan concealer di tempat yang tepat. Cara menggunakannya, pilih satu atau dua warna lebih gelap dari warna kulit alami Anda. Aplikasikan pada lekukan pipi dan sisi hidung, lalu ratakan. Langkah tersebut bisa diakhiri dengan semprotan penyegar agar tetap menempel.

fungsi dan kegunaan concealer
Ilustrasi fungsi dan kegunaan concealer (Pexels/George Milton)

3. Menutupi lingkaran hitam

Setelah begadang, Anda perlu sedikit memoles wajah dengan riasan tipis. Menggunakan concealer, lingkaran hitam bisa hilang dan hari Anda terlihat lebih cerah. Triknya, gunakan concealer seperti berfungsi sebagai ilusi optik. Anda juga bisa menambahkan sedikit eyeshadow shimmery di sudut dalam kedua mata.

4. Menyorot tulang pipi

Salah satu cara termudah untuk mendapatkan wajah glowing adalah dengan menggunakan concealer pada tulang pipi Anda. Cukup pilih satu atau dua warna lebih terang dari kulit alami, sapukan dan ratakan. Anda juga bisa memanfaatkan concealer untuk menonjolkan tulang alis, pangkal hidung, dan bibir atas.

5. Menyembunyikan noda

Mengenakan riasan pada kulit yang rawan jerawat mungkin perlu mengaplikasikan dengan cara tepat. Selain pilihan kandungan bahan makeup yang ringan dan tak memicu breakout, Anda bisa memanfaatkan concealer untuk menyembunyikan noda.

Concealer diformulasikan dengan asam salisilat sekaligus bisa menyembunyikan bekas jerawat. Dilansir Neutrogena¸ Rabu, 25 Mei, disarankan untuk mengaplikasikan concealer dengan spons atau aplikator concealer untuk menghindari minyak dari ujung jari transfer ke kulit.

6. Menegaskan garis kelopak mata dan bibir

Concealer merupakan alat primer dan ideal bagi eyeshadow serta lipstik. Gunanya untuk menciptakan dasar yang rata, mulus dalam mengaplikasikan keduanya, dan membantu produk bertahan lebih lama. Cukup oleskan sedikit pada kelopak mata atau bibir, ratakan lembut dengan ujung jari. Anda bisa mengakhirinya dengan menambahkan warna eyeshadow dan lisptik favorit.

Itulah keenam kegunaan concealer untuk merias wajah sehari-hari. Dari daftar di atas, mana yang sering Anda aplikasikan?