4 Hal Utama yang Perlu Anda Perhatikan saat Memasak Kari
Kari (Andy Hay/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Kari menjadi salah satu makanan India yang kinii mendunia. Dengan rasanya yang gurih, siapa pun yang menyantapnya bisa mendapat perpaduan aroma rempah yang kuat dengan daging yang empuk.

Tetapi, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika sedang memasak kari. Monica Sawhney Haldar, seorang pemilik Spice Club di Manchester membagikan tips mengolah bahan dan memasak kari dengan baik kepada LadBible. Simak di sini, ya!

Bawang

Jika Anda memulai proses memasak dengan menumis bawang dan mencampurkan bahan lain, Anda salah. Haldar menyarankan biarkan 10 sampai 15 menit untuk memasak bawang bombay hingga kecoklatan.

Nantinya, bawang bombay yang kecoklatan akan memberikan rasa manis kepada kari Anda.

Tomat

Satu kaleng tomat untuk kari bisa dihidangkan untuk 12-15 orang. Namun, jangan gunakan satu kaleng tomat untuk makanan ini.

Sebaiknya gunakan empat sampai lima sendok makan. Jika Anda menaruh tomat dalam porsi yang berlebihan, Anda melemahkan rasa kari yang harusnya lebih dominan.

Rempah-rempah

Salah satu bahan wajib dalam membuat kari adalah menggunakan bumbu rempah-rempah. Usahakan menyediakan segala jenis rempah untuk memasak kari.

Jika bumbunya masih bersisa, simpan rempah-rempah dalam kotak tertutup agar bumbu tidak mengeras.

Garam

Haldar menyebutkan jika Anda tidak menggunakan garam dalam kari Anda, hal ini salah. Tetapi bukan berarti Anda harus menuangkan garam dalam porsi yang banyak.

Katanya, ini bukan soal berapa banyak bumbu yang Anda pakai, kalau Anda tidak menggunakan garam, rasa kari tidak akan pernah pas.