Restoran di Jepang Buat Aturan Baru, Pelanggan Boleh Bungkus Makanan
Royal Host (situs resmi Royal Host)

Bagikan:

JAKARTA - Ada banyak hal yang hanya terjadi jika Anda makan di Jepang, salah satunya tidak ada fasilitas membungkus sisa makanan Anda.

Namun, Royal Host, jaringan restoran terkenal di Jepang membuat sebuah peraturan baru di mana pelanggan bisa membungkus sisa makanan mereka. Royal Host adalah restoran yang menyajikan berbagai jenis makanan dan memiliki 200 cabang yang berlokasi di Jepang.

Restoran di bawah Royal Host juga menyediakan tempat makan untuk menyimpan makanan mereka.

Sebenarnya ada alasan mengapa tidak banyak restoran yang menerapkan aturan ini. Melansir SoraNews24, kesehatan menjadi alasan utama restoran di Jepang tidak menerapkan aturan ini.

Mereka takut ketika pelanggan memakan makanan yang tidak disimpan dengan rapi membuat mereka sakit. Selain itu, karena porsi makanan di Jepang yang dinilai cukup kecil, mereka berharap pelanggan dapat menghabiskan makanan mereka.

Kalaupun pelanggan tidak dapat menghabiskan, pihak restoran akan membuang sisa makanan secara langsung.

Selain itu, Royal Host juga melakukan aturan ini setelah mendapat telepon dari Kementrian Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Jepang untuk membangun sistem berkelanjutan dalam mengurangi sampah makanan.

Mengutip Japan Times pada hari yang sama, Jepang membuat sisa makanan sebanyak enam juta ton pada tahun 2019. Jumlah itu bahkan terhitung sebelum tanggal kadaluarsa makanan. Adapun restoran Royal Host mulai memberlakukan aturan ini per tanggal 7 Oktober.