Penyanyi <i>I Am Woman</i>, Helen Reddy Meninggal Dunia
Helen Reddy (Foto: Facebook Fan Page)

Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi asal Australia, Helen Reddy meninggal dunia pada Selasa, 29 September waktu Los Angeles. Kabar ini diumumkan sang anak, Traci dan Jordan melalui akun Facebook-nya.

“Dengan duka cita kami mengumumkan meninggalnya ibu kami tercinta, Helen Reddy, pada 29 September 2020 siang hari di Los Angeles. Ia adalah ibu, nenek, dan wanita yang mengagumkan. Hati kami merasa sedih tetapi kami tahu suaranya akan hidup selamanya,” tulis sang anak. Beberapa tahun sebelum Helen Reddy meninggal, ia diketahui mengalami dementia.

Helen Reddy adalah penyanyi yang dikenal dengan lagu hitsnya I Am Woman. Lagu itu menjadi anthem feminis yang masih digaungkan hingga saat ini dan membuatnya menjadi ikon feminis.

Pada tahun ‘70-an, nama Helen Reddy dikenal setelah memenangkan kontes menyanyi Bandstand di Australian TV. Lagunya I Am Woman masuk ke tangga musik Billboard Hot 100, bersaing dengan Tanya Tucker.

Ia juga memenangkan penghargaan Grammy untuk lagu tersebut dalam kategori Best Female Vocal Pop Performance. Kesuksesan lagu I Am Woman membawa Reddy memandu acara variety bernama The Helen Reddy Show pada tahun ‘80-an. Reddy juga membintangi sejumlah film dan musikal.

Namun, pada tahun ‘90-an, Helen Reddy memutuskan mundur dari industri hiburan. Ia sempat menyebut kesuksesan I Am Woman adalah salah satu alasan mengapa ia mundur.

Tetapi ia sempat kembali ke hadapan publik dengan menyanyikan I Am Woman pada acara Women’s March 2017. Kehidupannya juga baru direkam melalui biopik I Am Woman di mana trailernya baru dirilis bulan lalu.

Sepanjang kariernya, Helen Reddy merilis 18 album studio. Helen Reddy meninggal pada usia 78 tahun. Selamat jalan, Helen Reddy.