Perjalanan Karier Mendiang Bintang <i>Harry Potter</i>, Helen McCrory
Helen McCrory (Twitter @ThePeakyBlinder)

Bagikan:

JAKARTA - Aktris Helen McCrory meninggal dunia pada Jumat, 16 April. Pengumuman ini disampaikan oleh suami McCrory, aktor Damian Lewis melalui akun Twitter pribadinya.

“Saya merasa sedih mengumumkan setelah bertarung melawan kanker, wanita cantik dan perkasa yaitu Helen McCrory meninggal dengan damai di rumah, dikelilingi oleh cinta dari teman dan keluarga.”

“Dia meninggal seperti dia hidup. Tanpa rasa takut. Tuhan, kami mencintainya dan mengetahui betapa beruntungnya kami memiliki dia dalam hidup kami. Dia bersinar begitu cerah. Pergilah sekarang, si kecil, ke udara, dan terima kasih,” tulis Lewis di Twitter.

Diketahui diagnosa kanker McCrory tidak pernah dirilis secara publik.

Karier

Lahir pada 17 Agustus 1968, Helen McCrory memulai kariernya di panggung musikal selama tahun 1990-an. Dia berpartisipasi pada 25 produksi musikal sampai tahun 2010.

Kemudian dia mulai ikut serta dalam serial televisi dan film sampai proyek film Harry Potter didapatkannya.

Namun karena hamil, McCrory terpaksa mundur dan digantikan Helena Bonham Carter. Kemudian, McCrory kembali ditunjuk untuk bergabung dalam film Harry Potter and the Half-Blood Prince tahun 2009.

Dia berperan sebagai ibu dari Narcissa Malfoy, ibu dari Draco Malfoy (Tom Felton) dan istri dari Lucious Malfoy (Jason Isaacs).

Setelah dikenal melalui franchise Harry Potter, Helen McCrory berperan dalam sejumlah proyek seperti Doctor Who dan Peaky Blinders.

Lewat Peaky Blinders, McCrory berperan sebagai Polly Gray, bibi dari karakter Tommy Shelby (Cillian Murphy) selama lima musim penayangan serial. Namanya pun dikenal seiring dengan aktingnya yang selalu meraih kritik positif.

Selain dua proyek komersial itu, Helen McCrory juga berakting dalam film Fantastic Mr. Fox, Hugo, Skyfall, Their Finest, dan yang terakhir Loving Vincent di tahun 2017.

Sepanjang kariernya, dia meraih banyak penghargaan di dunia teater, seperti London Film Critics Circle, Satellite Award, Critics Choice Television Award, dan Shakespeare Globe Awards.

Menjelang akhir hidupnya, Helen McCrory melakukan aksi sosial. Saat pandemi COVID-19 berlangsung di Britania Raya, McCrory dan suaminya mendukung Feed NHS, sebuah program yang memberikan makanan untuk para pekerja medis. Dia dan suaminya berhasil mengumpulkan 1 juta poundsterling untuk amal ini.

Tribute

Setelah kabar ini dirilis, teman-temannya di dunia akting mulai menuliskan ucapan belasungkawa kepada Helen McCrory.

Penulis buku Harry Potter, JK Rowling menulis di Twitter-nya. “Saya sedih mendengar Helen McCrory, aktris yang luar biasa dan wanita yang mengagumkan meninggalkan kita begitu cepat.”

Bintang Peaky Blinders, Cillian Murphy juga menuliskan, “Helen adalah orang yang cantik, peduli, lucu, penyayang. Dia juga aktor berbakat - tak kenal takut dan luar biasa. Dia membuat setiap adegan menjadi manusiawi, setiap karakter yang dia perankan. Sebuah kehormatan bisa bekerja dengan wanita yang brilian ini.”

Aktor Colin Baker juga menulis, “Sangat berbakat dan murah hati dan saya mengumpulkan dari mereka yang mengenalnya sebagai orang yang hangat dan penuh perhatian.”

Aktor Bridgerton, Kathryn Drysdale juga menulis, “Helen McCrory adalah talenta yang luar biasa. Salah satu aktor terbaik di generasi ini.”

Akun Twitter Peaky Blinders, His Dark Materials dan Doctor Who juga membuat tribute kepada Helen McCrory beserta karakternya.

Helen McCrory meninggal di usia 52 tahun dan meninggalkan seorang suami dan dua anak.