Nasi Tumpeng Mini Jakarta Murah, Harga Mulai Rp25 Ribu Saja
Ilustrasi nasi tumpeng murah di Jakarta. (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Tumpeng merupakan makanan masyarakat Jawa yang penyajian berupa nasi berbentuk kerucut dan ditata bersama lauk-pauk. Olahan nasi yang digunakan umumnya berupa nasi kuning, nasi putih biasa, atau nasi uduk.

Tumpeng disajikan di atas tampah atau wadah berbentuk bundar tradisional yang terbuat dari anyaman bambu, kemudian telah dialasi daun pisang.

Nasi khas Jawa atau masyarakat Betawi keturunan Jawa ini biasanya disajikan pada saat kenduri atau perayaan peristiwa penting. Namun, kini masyarakat Indonesia sudah mengenal kegiatan ini secara umum.

Tumpeng adalah bagian penting dalam perayaan kenduri tradisional, sebagai wujud rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan atas melimpahnya hasil panen dan berkah lainnya. Karena hal itulah, hingga kini tumpeng masih berfungsi menjadi kue ulang tahun dalam perayaan pesta ulang tahun.

Namun, tidak jarang orang ingin menikmati sajian ini sebagai suguhan dalam momen tertentu. Bahkan, banyak orang yang juga menyajikan tumpeng dalam berbagai ukuran. Hingga akhirnya muncul tumpeng ukuran mini, seperti yang disajikan oleh Rumah Tumpeng. Mereka menyajikan Nasi Tumpeng Jakarta.

Nasi Tumpeng mini Jakarta kini sudah cukup banyak ditemukan. Bahkan kerap menjadi andalan bagi masyarakat saat menggelar acara syukuran, khususnya mereka yang tinggal di Pulau Jawa, Madura, dan Bali.

Macam-macam Isian dan Lauk

Nasi

Hidangan nasi tumpeng enak dan sederhana, tentunya tidak terlepas dari nasi. Umumnya, nasi tumpeng sendiri identik dengan nasi kuning. Namun demikian, tumpeng pada mulanya dibuat dengan menggunakan nasi putih biasa. Penggunaan nasi putih melambangkan apa yang dimakan manusia harus berasal dari sumber yang bersih, kemudian halal.

Di masa kini, jenis nasi yang paling banyak digunakan untuk nasi tumpeng adalah dengan nasi kuning. Bahkan banyak yang merasa kurang lengkap apabila membuat tumpeng tidak dengan nasi kuning. Namun, kini banyak pula yang menyukai nasi tumpeng kekinian dengan variasi nasi uduk hingga nasi merah.

Ayam

Pada 7 lauk pauk yang menjadi pelengkap tumpeng, biasanya terdapat olahan ayam goreng atau ayam ingkung dengan menggunakan ayam jago atau jantan. Penggunaan ayam jantan tersebut adalah simbol untuk menghindari berbagai sifat buruk dari ayam jantan. Mulai dari sering menyela saat berbicara, selalu merasa paling benar sendiri, sombong, dan tidak setia.

Ikan

Kemudian, ada pula olahan ikan yang digunakan sebagai pelengkap lauk pauk nasi tumpeng. Pada zaman dahulu, ikan yang digunakan selalu ikan lele. Mengapa demikian, karena ikan lele memiliki filosofi ketabahan dan keuletan dalam hidup. Seperti diketahui, lele memang diketahui mampu bertahan hidup di dasar sungai maupun pada air yang tidak mengalir.

Namun, kini jenis ikan lain pun juga banyak digunakan.

Telur

Telur adalah salah satu lauk wajib pada menu nasi tumpeng enak dan sederhana versi tradisional. Bahkan hidangan nasi tumpeng di zaman sekarang pun tidak pernah terlepas dari telur. Pada zaman dahulu telur yang digunakan selalu telur rebus yang disajikan utuh dengan kulitnya.

Telur adalah sebuah simbol bahwa setiap manusia diciptakan oleh Tuhan memiliki fitrah yang sama. Penyajiannya yang bersama kulit melambangkan setiap tindakan yang dilakukan manusia harus dikupas atau direncanakan terlebih dahulu. Lalu dikerjakan sesuai rencana, kemudian dievaluasi agar mendapat hasil yang terbaik.

Urap

Urap adalah sayuran seperti salad khas Jawa. Yakni terdiri atas bayam, tauge, kangkung, kacang panjang, dengan tambahan bumbu yang terbuat dari parutan kelapa. Keberadaan sayur urap pada menu nasi tumpeng enak dan sederhana juga memiliki banyak makna. Misalnya, bayam diartikan sebagai hidup yang ayem tentrem atau tentram. Kemudian, kacang panjang untuk pemikiran yang panjang untuk masa depan.

Dengan demikian, sudah jelas bahwa nasi tumpeng termasuk sebagai budaya dan tradisi nusantara yang perlu dilestarikan. Hingga kini, masyarakat sendiri memang banyak yang masih menjaga tradisi tersebut.

Harga Tumpeng Mini

Nasi tumpeng juga mendapatkan banyak inovasi baru dalam bentuk tumpeng kekinian seperti yang ditawarkan di Rumah Tumpeng Jakarta, dengan aneka menu komplit bisa anda pilih.

Harga tumpeng mini tentunya jauh lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan tumpeng ukuran reguler. Apalagi ketika anda mengundang tamu undangan terbatas, maka tumpeng mini yang lezat dan sederhana ini adalah pilihan tepat.

Selanjutnya, pemesanan nasi tumpeng ukuran mini ditawarkan dengan minimal pemesanan tertentu. Misalnya minimal 10 pax atau 15 pax, bahkan ada juga yang menetapkan minimal pemesanan di bawah atau di atas angka tersebut. Harganya sendiri bervariasi tergantung lauk yang digunakan.

Rumah Tumpeng menyediakan menu dengan harga bervariasi, mulai dari Rp25-39 ribu.

Pemesanan

Rumah tumpeng menyediakan paket dengan harga minimal pembelian 10 pax. Untuk pemesanan bisa langsung kunjungi https://rumahtumpengjakarta.com/ klik tombol PESAN SEKARANG atau bisa whatsapp di 08129489645.