Harga Bahan Pokok Mulai Naik Jelang Lebaran, Bawang Merah Dijual Rp45 Ribu per Kilogram
Salah satu lapak pedagang di Pasar Mini Mangun Jaya, Kec. Tambun Selatan, Kab. Bekasi (Foto: Dinda Buana Putri/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Memasuki puasa hari ke-22, semakin ramai orang berbondong-bondong pergi ke pasar untuk membeli bahan masakan untuk menyambut hari raya idulfitri. Hasilnya, beberapa bahan pokok tercatat mengalami kenaikan harga.

Berdasarkan pantauan VOI pada Minggu, 24 April di Pasar Mini Mangun Jaya, kecamatan Tambun Selatan, banyak harga-harga sembako yang mengalami kenaikan. Mulai dari beras, bawang cabai, dan minyak.

Pedagang sembako, Elis (45) tahun mengatakan bahwa harga minyak goreng curah saat ini dibanderol dengan harga Rp22 ribu per kilogram (Kg). Selain itu, telur juga mengalami kenaikan.

"Telur itu sekarang harganya Rp26 ribu dari yang tadinya Rp25 ribu," kata Elis ketika ditanyai VOI.

Tidak hanya telur dan minyak, harga tepung terigu bermerek pun naik dari sembilan ribu menjadi sepuluh ribu per kg. Dan kacang tanah kini menjadi Rp28 ribu.

Di sisi lain, harga cabai rawit tetap di harga Rp30 ribu. Namun, cabai keriting mengalami kenaikan dari Rp30 ribu menjadi Rp35 ribu.

Bawang merah kini dibanderol dengan harga Rp45 ribu per Kg, setelah mengalami dua kali kenaikan, sedangkan bawang putih Rp40 ribu.

"Itu (bawang merah) dari lusa yang harganya Rp35 ribu, terus kemarin Rp40 ribu, dan sekarang Rp45 ribu," tutur Ningsih, salah satu pedagang cabai dan bawang di Pasar Mini.