Bagikan:

JAKARTA - Pandemi COVID-19 tidak menjadi penghalang Kotak untuk tetap berkarya. Hari ini, Jumat, 25 September, band rock ini melepas album baru bertajuk Identitas.

Ada sebuah titik pendewasaan yang Kotak hendak sampaikan dalam album  ini. Jika sebelumnya berfokus pada tema cinta, kali ini mereka ciptakan karya untuk cakupan lebih luas.

Era Identitas dimulai dengan lagu Hoax yang dirilis pada Juli lalu. Kemudian dilanjutkan dengan Manusia Manusiawi yang berkolaborasi dengan Cak Nun.

Cerita unik terjadi di tengah kolaborasi bersama tokoh intelektual muslim di Indonesia tersebut. Awalnya, para anggota Kotak memang lagi suka mendengarkan Cak Nun.

Tiba-tiba muncul sebuah ide untuk mengajak Cak Nun memberikan narasi dalam lagu ini. Kolaborasi yang dilakukan jarak jauh ini lantas menghasilkan sebuah karya yang indah.

Sementara itu, Kamis kemarin, Kotak baru melepas video lirik untuk lagu baru berjudul Di Atas Cinta.

Adapun dalam album ini, Kotak berusaha untuk menampilkan warna baru yang tidak sepenuhnya menghapus citra mereka sebagai sebuah band dengan genre rock yang lekat. Hal ini dilakukan Kotak karena mereka ingin sesuatu yang berbeda dari rilisan sebelumnya.

“Setiap keluar album selalu pengen yang berbeda dengan album sebelumnya. Makanya sering ada pertanyaan 'Kenapa Kotak beda lagi?” ujar gitaris Kotak, Cella dalam konferensi pers daring, Jumat.

Karena itu, album Identitas ini menampilkan banyak instrumen, salah satunya synthesizer. Alat itu sedang diminati anggota Kotak dalam menciptakan musik baru. “Gunain elektronik synthesizer karena lagi suka. Unsur baru yang digemari saat ini,” tandas Cella.

Album Identitas juga menjadi penanda 16 tahun Kotak berkarier di belantika musik Indonesia. Pahit manis industri sudah dirasakan Tantri, Chua, dan Cella sehingga mereka ingin terus bermusik.

Album Identitas berisi 10 trek baru yang bisa didengarkan secara digital. Jika tak ada perubahan, Kotak akan menyambangi beberapa kota besar di Indonesia melalui tur virtual.

Dengarkan album Identitas milik Kotak di bawah ini: