Dua Lipa Digugat Band Reggae Dugaan Plagiat <i>Levitating</i>
Dua Lipa (Instagram @dualipa)

Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi Dua Lipa digugat band reggae asal Florida, Artikal Sound System atas dugaan lagu Levitating milik Lipa yang meniru lagu mereka.

Laporan yang dikirimkan ke Pengadilan Los Angeles pada Selasa, 1 Maret ini menyebutbahwa lagu Levitating meniru lagu Artikal Sound System bertajuk Live Your Life. Band ini menyebut bahwa lagu itu sempat menempati tangga musik Billboard di posisi kedua.

Mereka mengklaim Dua Lipa mendengar dan meniru ‘Live Your Life’ sebelum mereka menulis Levitating.

Levitating secara substansial serupa dengan Live Your Life. Melihat kesamaannya, kemungkinan besar Levitating dibuat dari Live Your Life,” tulis pernyataan band tersebut.

Melalui laporannya, Artikal Sound System menuntut Dua Lipa, penulis dan produser serta label Warner Records. Namun mereka tidak menjelaskan kesamaan dua trek secara spesifik dan meminta ganti rugi.

Dua Lipa merilis Levitating menjadi single dari album Future Nostalgia yang dirilis pada tahun 2020. Lagu ini menempati urutan kedua tangga musik Billboard Hot 100 dan bertahan selama beberapa minggu.

Di sisi lain, lagu Live Your Life dari Artikal Sound System dirilis pada 2017 melalui situs Soundcloud.

Adapun pihak Dua Lipa belum merespons gugatan Artikal Sound System. Saat ini, sang penyanyi sedang melakukan tur dunia Future Nostalgia.